Kenalan Yuk Sama Noken, Tas Beken Khas Papua

Kenalan Yuk Sama Noken, Tas Beken Khas Papua
Kenalan Yuk Sama Noken, Tas Beken Khas Papua

satunusantaranews, Papua - Noken merupakan salah satu kearifan lokal khas Papua yang sudah dikenal banyak orang. Selain membawa hasil pertanian dan barang dagangan ke pasar, noken biasanya dapat membawa hasil laut, hewan kecil, belanjaan, dan uang.

Tepat rasanya bila dikatakan bahwa Papua adalah "surga kecil yang jatuh ke bumi". Destinasi wisata yang indah, kekayaan alam yang melimpah, dan kearifan lokal yang masih terjaga keasliannya, membuat pernyataan itu benar adanya.

Sebelumnya kita kenalan dulu yuk sama tas rajut khas Papua satu ini. SNReaders, tas rajut khas Papua ini identik dengan perempuan Papua. Hal tersebut dimulai dari cara membuat, yang dikerjakan oleh mama - mama Papua. Kemudian anak perempuan Papua sejak kecil harus belajar membuat noken, dikarenakan ini melambangkan kedewasaan, juga sebagai salah satu syarat bisa menikah. Ah, masa sih ini salah saulambang untuk menikah?

Ternyata benar adanya, mengutip beberapa sumber, wanita yang tidak bisa membuat noken tidak boleh menikah hingga benar-benar bisa membuat noken sendiri. Nah, selain itu juga Noken dimaknai juga sebagai rumah berjalan yang berisi segala kebutuhan. Noken juga dianggap sebagai simbol kesuburan perempuan, kehidupan yang baik, dan perdamaian.

Noken terbuat dari bahan baku kayu pohon Manduam, pohon Nawa atau Anggrek hutan dan masih banyak lagi jenis pohon yang umum digunakan. Sejak dahulu Noken sendiri digunakan untuk berbagai keperluan sehari-hari. Di mana untuk membawa hasil kebun, hasil laut, kayu, bayi, hewan kecil, belanjaan, uang, sirih, atau makanan. Ini dia beberapa nama Noken beserta fungsinya yang harus SNReaders ketahui”

Pertama-tama kita punya Yatoo atau Noken yang berukuran besar dipakai untuk membawa barang seperti kayu bakar, tanaman hasil panen, barang-barang belanjaan, atau bahkan digunakan untuk menggendong anak.

Lanjut ita punya, Gapagoo atau Noken yang berukuran sedang digunakan untuk membawa barang-barang belanjaan dalam jumlah sedang. Dan yang terakhir ialah Mitutee Noken yang berukuran kecil digunakan untuk membawa barang-barang pribadi.

Oiya ... SNReaders tahukah kalian kalau sejak 4 Desember 2012, Noken ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO). Luar biasa bukan? Ayo jaga dan lestarikan kearifan lokal budaya Indonesia sebagai identitas di mata internasional, memupuk sikap toleransi, dan menumbuhkan sikap nasionalisme.

Penulis: Icha
Editor: Nawasanga

Baca Juga