Nasional

Banyak Kecelakaan, Dirlantas PMJ Diskusi Dengan Dirut PT Transjakarta

satunusantaranews, Jakarta – Direktur Lalu lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo bertemu dengan Direktur Utama PT Transjakarta Mochammad Yana Aditya (9/12), berdiskusi tentang deretan kecelakaan yang terjadi dalam beberapa waktu yang lalu selama dua bulan terakhir ini. Hasil evaluasi kami ada beberapa hal yang perlu diperbaiki manajemen karena masih cukup banyak kecelakaan yang disebabkan karena human error.

Menurut Sambodo, pihaknya akan menagih janji Transjakarta yang menyatakan akan menerapkan rekomendasi yang diberikan oleh Ditlantas Polda Metro Jaya beberapa waktu lalu. Menurutnya, sejumlah kecelakaan yang terjadi dalam beberapa waktu ke belakang menarik perhatian publik.

“Misalnya kecelakaan di PGC kalau dilihat di video, aneh. Kok bisa tiba-tiba menerobos. Katanya ada aqua terguling, injak pedal gas dan ada dongkrak terguling, injak pedal gas. Ada yang sopirnya ke kamar kecil, ada yang melamun. Tentu ada something (sesuatu) yang harus diperbaiki,” kata Sambodo.

“2 bulan ini ada 14 kecelakaan yang melibatkan Transjakarta. Mayoritas human error,” tuturnya.

Sambodo mengatakan, melihat dari deretan kecelakaan itu, nampaknya memang sudah ada standar operasi alias SOP yang dibuat oleh Transjakarta. Namun, karena pengawasan yang tidak ketat oleh manajemen, Sambodo menduga SOP tersebut tidak dipatuhi oleh para sopir.

Salah satu yang disoroti oleh Ditlantas Polda Metro, menyoroti soal jam kerja, berapa lama sopir istirahat, dan bagaimana sistem shift antar sopir.

“Misal ada empat rit, upah sekian. Lima rit, upahnya sekian. Jadi akan muncul tanda tanya, karena kalau sistem itu sopir bisa mengebut agar target bisa dicapai,” imbuhnya.

Dan mayoritas, kata Sambodo, disebabkan oleh kesalahan manusia atau human error. “Tentu ada something yang harus diperbaiki,” pungkas Sambodo.

Leave a Comment
Share
Published by
Kahfi SNN