Bukanlah Saat Tepat DirJend Perkeretaapian Mengusulkan Kenaikan Tarif Dasar KRL Commuter Line

Bukanlah Saat Tepat DirJend Perkeretaapian Mengusulkan Kenaikan Tarif Dasar KRL Commuter Line
Bukanlah Saat Tepat DirJend Perkeretaapian Mengusulkan Kenaikan Tarif Dasar KRL Commuter Line

satunusantaranews, Tasikmalaya - Toriq Hidayat menyebutkan saat ini bukanlah saat yang tepat bagi Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengusulkan kenaikan tarif dasar KRL Commuter Line. Anggota Komisi V DPR RI ini menilai banyak masyarakat mengeluh dengan besarnya beban pengeluaran yang harus ditanggung. Harga kebutuhan pokok naik, minyak misalnya. Daya beli masyarakat masih rendah akibat dampak pandemi Covid-19.

“Pandemi belumlah usai, bahkan ada potensi varian baru Covid-19, yang hadirkan ancaman gelombang ketiga. Seharusnya pemerintah menambah subsidi atas moda transportasi umum ini, daripada berwacana untuk menaikkan tarif,” kata Toriq.

Sepanjang tahun 2021 terjadi penurunan pengguna KAI Commuter line. Untuk wilayah operasi Jabodetabek turun sebanyak 19,6% dibanding jumlah pengguna KRL Jabodetabek sepanjang tahun 2020. Akibat kebijakan PPKM dan melemahnya daya beli masyarakat.

“Akibat pandemi, hampir 20 % jumlah pengguna KAI Commuter line Jabodetabek turun pada tahun 2021. Namun potensi kenaikan ke depan cukup besar, mengingat sebagian masyarakat mengaku tidak punya pilihan lain sebagai transportasi dengan akses cepat dan lebih nyaman,” sebut Toriq.

Selain itu, usulan kenaikan Tarif ini bertolak belakang dengan semangat Pemerintah dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menggunakan moda transportasi umum massal perkotaan. Mengurangi emisi gas, sehingga lingkungan menjadi lebih sehat. Kenaikan tarif berpotensi melemahkan semangat masyarakat menggunakan moda transportasi umum massal.

"Ini tidak sesuai dengan kampanye Pemerintah terkait peningkatan kesadaran penggunaan angkutan umum massal perkotaan dan non motorized transportation (NMT) pada hari kesehatan Internasional yang diperingati setiap 7 April,” tutur Toriq.

Ia menambahkan, masyarakat sangat mengapresiasi KAI dengan berbagai pencapaian kinerja dan upaya inovasi serta modernisasi layanan KRL Commuter Line di masa pandemi. Jadi, Jangan sampai gegara usulan kenaikan tarif, kemudian merubah cara pandang masyarakat, jelas Toriq.

Penulis: Didit
Editor: Nawasanga

Baca Juga