Hiburan

Bunga Magnolia Dari Romantika Hingga Pengobatan

satunusantaranews, Jakarta – Kalau dengar bunga Magnolia, pasti ingat sama lirik lagu “Every Summertime” nya Niki. Namun, dibalik bunga cantik ini ternyata banyak fakta mengejutkan loh.

Bunga Magnolia ini memiliki aroma yang sangat harum, apalagi ditambah visual bunga ini tak pernah main-main. Nah, SNNears bunga yang berasal dari Amerika Utara ini, menjadi spesies yang paling cepat berbunga jika musim semi tiba.

Selain keindahan dari warna yang dikagumi oleh kaum hawa, ternyata bunga ini juga memiliki makna yang terkandung yaitu “Kesucian dan ketulusan dalam memberikan cinta kepada pasangan”. Duh… duh.. romantisnyaaa

SNNears, di tempat asalnya, Magnolia ini biasa tumbuh dan mekar dengan warna merah muda yang begitu khas. Jika dilihat dari jauh, kerumunan Magnolia ini akan terlihat seperti bunga sakura yang ada di Jepang. Namun, jangan salah loh, bunga ini ternyata mempunyai banyak jenis. Pokoknya sangking banyaknya bisa bikin puyeng deh kalo disuruh menghapal.

 

 

Berdasarkan riset yang sudah dilakukan hingga saat ini, sudah memiliki lebih dari 304 jenis bunga Magnolia yang tersebar di berbagai belahan dunia. Masing-masing spesies memiliki jenis, habitat, warna, bentuk dan ukuran yang berbeda-beda loh SNNears.

Diketahui, spesies yang paling kecil dari Magnolia ini tumbuh di kisaran 4 meter. Sedangkan untuk ukuran terbesarnya bisa tumbuh hingga mencapai tinggi 24 meter. Benar-benar tinggi untuk ukuran pohon bunga bukan?

Saat ini diketahui kalau Magnolia Atlas merupakan spesies dengan bunga terbesar. Lebar bunga varian atlas ini bisa mencapai hingga 14 inch atau sekitar 35,56 cm. Bisa dibayangkan bagaimana besarnya bunga ini. Pantesan aja namanya Atlas.

Selain itu juga ternyata bunga ini termasuk bunga prasejarah lho. Berdasarkan riset yang sudah dilakukan oleh para ahli, bunga ini masuk ke dalam kategori bunga prasejarah. Dilihat dari fakta-fakta yang ada, bunga satu ini dipercaya sudah tumbuh sejak 20 juta tahun yang lalu.

 

 

Mungkin ini juga alasan kenapa Magnolia ini memiliki banyak varietas yang tersebar di seluruh dunia. Karena usianya sudah sangat lama, Magnolia telah bertransformasi menjadi berbagai varietas yang bisa Anda temukan saat ini. Ada banyak juga jenis bunga Magnolia hasil kawinan yang ditemukan sampai sekarang.

Indah sudah pasti, bersejarah juga iya, ternyata bunga cantik ini juga dipercayai untuk pengobatan. Magnolia sudah dijadikan salah satu sarana pengobatan di Tiongkok sejak ribuan tahun lalu. Hal ini terbukti dengan banyaknya pengobatan China yang menjadikan Magnolia sebagai salah satu bahan utamanya.

Diketahui, Magnolia ini memiliki khasiat yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan paru-paru dan menghilangkan rasa cemas. Tentu saja dibutuhkan metode pengolahan obat yang tepat sebelum tumbuhan satu ini bisa dikonsumsi sebagai obat.

Hanya saja yang dijadikan sarana pengobatan bukan bunganya, melainkan kulit pohonnya. Spesies yang biasa digunakan sebagai obat adalah Magnolia Officinalis. Spesies satu ini memang tumbuh di wilayah utara China.

Leave a Comment
Share
Published by
Kahfi SNN