Nasional

Cek Kilas Balik Catatan Pertemuan Timnas Indonesia dan Thailand di Piala AFF Yuk

satunusantaranews, Jakarta – Usai menumbangkan tuan rumah Singapura dengan skor agregat 5-3 pada Sabtu (25/12), Timnas Indonesia akan ditantang oleh tim berjuluk Gajah Perang, Thailand setelah menumbangkan Vietnam dengan skor agregat 2-0. Kedua tim akan bertemu pada partai final gelaran Piala AFF 2020 yang akan diselenggarakan Rabu (29/12) dan Sabtu (1/1) mendatang.

Namun, sepanjang sejarah gelaran Piala AFF yang dahulu bernama Piala Tiger, Timnas Indonesia tidak memiliki catatan yang terlalu baik dalam pertemuan antara keduanya. Dari 12 pertemuan, Indonesia hanya berhasil memenangkan pertandingan 3 kali, sedangkan Thailand lebih unggul dengan 9 kali kemenangan.

Thailand pertama kali memenangkan pertandingan melawan Indonesia ketika gelaran Piala AFF 1998 di Stadion Thong Nhat, Vietnam. Kala itu, Aji Santoso yang masih berseragam Timnas, dkk harus menelan kekalahan dari Thailand dengan skor 2-3.

Di tahun yang sama, Timnas Indonesia berhasil menahan imbang Thailand dengan skor 3-3 yang kemudian dilanjutkan dengan tendangan adu penalti yang membuat Indonesia menang dengan skor 5-4. Hal tersebut menjadi kemenangan pertama Timnas Indonesia sejak gelaran Piala AFF bergulir.

2 tahun setelahnya, Timnas Indonesia harus menelan kekalahan dua kali pada 10 Oktober 2000 dan 18 Oktober 2000. Pada kedua pertandingan tersebut, Indonesia harus mengakui keunggulan Thailand dengan skor yang sama telak 4-1.

Timnas Indonesia kembali raih hasil buruk setelah dua pertemuan terakhir pada tahun 2000, Indonesia harus mengakui kembali keunggulan Thailand. Di tahun 2002, Timnas Indonesia mampu mengimbangi Thailand dengan skor 2-2 dan dilanjutkan hingga babak penalti yang harus merelakan Timnas Indonesia kembali menelan kekalahan dengan Thailand dengan skor 4-2.

Pada tahun 2008, Timnas Indonesia harus kembali mengakui kehebatan Thailand. Timnas Indonesia kalah di dua pertandingan dengan skor tipis 1-0 pada 16 Desember 2008 dan 2-1 pada 20 Desember 2008.

 

 

Pada 2010, Timnas Indonesia mampu membuat Thailand takluk dengan skor 2-1 pada fase grup Piala AFF 2010 yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada 07 Desember 2010 lalu.

Di tahun 2016, kedua nya bertemu hingga tiga kali yaitu pada fase grup hingga kedua partai Final yang diselenggarakan di Indonesia dan di Thailand. Pada fase grup, Timnas Indonesia harus kalah dengan skor tipis 4-2 dari Thailand.

Pada partai final leg pertama yang diselenggarakan pada pada 14 Desember 2016 di Stadion Pakansari, Bogor, Timnas Indonesia memenangkan pertandingan tersebut dengan skor tipis 2-1 dari Thailand. Hal tersebut membawa angin segar untuk Indonesia saat akan menghadapi Thailand di leg kedua.

Sangat disayangkan, pada final leg kedua yang diselenggarakan di Stadion Rajamangala, Bangkok pada 17 Desember 2016, Timnas harus takluk dari Thailand dengan 2 gol tanpa balas dan memaksa Indonesia harus kembali menjadi runner up untuk kesekian.

Pada pertemuan terakhir Indonesia dan Thailand di Piala AFF yang diselenggarakan tahun 2018 di Stadion Rajamangala, Bangkok. Saat itu, Timnas Indonesia sedang dalam performa yang kurang baik akibat kepergian dari pelatih anyar, Luis Milla. Indonesia harus mengakui keunggulan Thailand dengan skor 4-2 dan membuat Indonesia harus gagal masuk ke fase berikutnya pada gelaran Piala AFF 2018 lalu.

Itulah beberapa catatan pertemuan antara Timnas Indonesia dan Thailand pada gelaran Piala AFF sejak tahun 1998. Semoga saja pada partai final nanti, Indonesia mampu menghapus rekor buruk yang selalu kalah pada partai final dan memperbaiki catatan pertemuan melawan Thailand. Semangat, Garuda!

Leave a Comment
Share
Published by
Kahfi SNN