Digelar Pemkot Tomohon, Senator SBANL Ajak Generasi Muda Untuk Pembumian Pancasila

Digelar Pemkot Tomohon, Senator SBANL Ajak Generasi Muda Untuk Pembumian Pancasila
Digelar Pemkot Tomohon, Senator SBANL Ajak Generasi Muda Untuk Pembumian Pancasila

satunusantaranews, Tomohon - Anggota DPD RI/MPR RI Ir Stefanus BAN Liow MAP, menjadi salah satu pembicara dalam kegiatan Sosialisasi Peningkatan Kesadaran Masyarakat Akan Nilai-Nilai Luhur Budaya Bangsa, yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Tomohon. Sosialisasi dilaksanakan (24/11) di Welu Café and Resto, Kelurahan Woloan Satu Utara, Kecamatan Tomohon Barat.

Senator SBANL memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon Provinsi Sulawesi Utara, melalui Badan Kesbangpol Tomohon, yang telah memprogramkan kegiatan bertemakan Pembumian Pancasila ini.

Menurutnya, kegiatan Pembumian Pancasila sebagai bagian dari mensosialisasikan empat pilar di tengah kehidupan berbangsa dan bernegara, bukan hanya menjadi tugas MPR RI dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, tetapi menjadi tugas bersama, baik penyelenggara negara, komponen bangsa maupun seluruh elemen masyarakat, didalamnya aparat pemerintah, tokoh masyarakat, tokoh agama, serta generasi muda, didalamnya siswa dan mahasiswa.

Senator SBANL alias Stefan sapaan Anggota DPD RI/MPR RI Dapil Sulut Ir. Stefanus BAN Liow, MAP, menjelaskan Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara. Pancasila adalah pandangan hidup bangsa dan Pancasila sebagai pemersatu bangsa.

Pancasila sebagai dasar Negara berarti Pancasila menjadi dasar untuk mengatur penyelenggaraan Negara dan seluruh warga Negara Indonesia.

Pancasila sebagai ideologi Negara, dapat dimaknai sebagai sistem kehidupan nasional, yang meliputi aspek etika, moral, politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan, dalam rangka pencapaian cita-cita dan tujuan bangsa yang berlandaskan dasar Negara.

Kegiatan ini diikuti ratusan generasi muda, termasuk siswa SMP dan SMA se Kota Tomohon dibuka Wakil Wali Kota Tomohon Wenny Lumentut SE. Narasumber lainnya Anggota DPRD Kota Tomohon Noldy Lengkong, dari akademisi Dr. Julien Biringan MSi, dan Widyaiswara BPSDM Sulut Joachim Elias, SPd MAP.

Sementara Kepala Badan Kesbangpol Tomohon Ronny Lumowa SSos MSi menyampaikan laporan penyelenggaraan kegiatan dan sangat berharap tahun depan akan ditingkatkan jumlah peserta dengan beberapa kegiatan. Sedangkan Staf Khusus Walikota Tomohon yang membidangi kesbangpol Drs. Eddy Turang memberikan apresiasi kepada Senator SBANL yang memberikan pencerahan tentang pilar-pilar kebangsaan.

Penulis: Kahfi
Editor: Nawasanga

Baca Juga