Diskusi Terbuka: Memori Kolektif dan Heritage Kota Depok

satunusantaranews.co.id – Depok, 28 Juli 2024 - Dalam upaya memperkuat kesadaran dan penghargaan terhadap sejarah serta warisan kota Depok, Pusat Penelitian Kemasyaratan dan Budaya, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (PPKB FIBUI) dan Yayasan Lintas Alumni Nusantara Bersatu (LANB) mengadakan diskusi terbuka bertajuk "Kota Depok: Memori Kolektif dan Heritage." Acara ini akan berlangsung pada Rabu, 31 Juli 2024 bertempat di Auditorium Gedung 1, kampus FIB UI, Depok.

Acara ini bertujuan untuk menggali dan memahami memori kolektif masyarakat Depok serta warisan budaya dan sejarah yang melekat di Kota Depok. Melalui diskusi yang interaktif, diharapkan masyarakat dapat lebih mengenal sejarah Depok, merawat serta melestarikan warisan yang ada sebagai bagian dari identitas kota.

Diskusi terbuka menghadirkan beberapa narasumber kompeten, yaitu:

  • Bondan Kanumyoso, sejarawan dan Dekan FIB Universitas Indonesia.
  • JJ Rizal, sejarawan Komunitas Bambu
  • Boy Loen, Kepala Bidang Sejarah Yayasan Lembaga Cornelis Chastelein

Diskusi ini nantinya akan dimoderatori oleh Prof. Zeffri Alkatiri, Guru Besar FIB Universitas Indonesia.

Lily Tjahjandari Ph.D. selaku Kepala PPKB FIB UI mengharapkan diskusi ini dapat menjadi langkah awal yang signifikan dalam menjaga dan melestarikan warisan kota Depok.

"Kita memiliki tanggung jawab bersama untuk menjaga dan melestarikan sejarah serta budaya yang ada. Melalui pemahaman dan penghargaan terhadap memori kolektif dan warisan kota, kita dapat membangun identitas kota Depok yang kuat dan bermartabat," ujarnya.

Lebih lanjut Lily menjelaskan bahwa PPKB FIB UI sebagai lembaga penelitian membuka membuka peluang kerjasama seluas-luasnya dengan komunitas lokal, pemerintah, dan organisasi non-pemerintah untuk melindungi dan merawat warisan budaya, khususnya yang ada di Depok. PPKB FIB UI berkomitmen mendukung kebijakan dan inisiatif para pihak yang berkaitan dengan pelestarian heritage.

Sebagai bagian dari lembaga pendidikan kebudayaan di Universitas Indonesia, PPKB FIB UI berupaya teguh dalam dedikasinya untuk mempromosikan pemahaman dan penghargaan terhadap setiap upaya pelestarian heritage kepada mahasiswa dan masyarakat umum.

Sementara, Joris Tutupoly selaku Ketua Yayasan LANB menyatakan bahwa potensi kultural Depok memiliki daya tarik yang unik. “Depok jangan dilihat hanya dalam kacamata kota administrasi, sejarah panjang Depok perlu dikaji lebih mendalam. Di sana ada perjuangan, di sana ada peradaban yeng terus berkembang. Dari Depok, kita akan belajar semuanya,” tegas Joris.

Diskusi ini terbuka untuk umum dan diharapkan dapat dihadiri oleh berbagai kalangan, mulai dari akademisi, pelajar, komunitas budaya, hingga masyarakat umum yang memiliki ketertarikan terhadap sejarah dan warisan kota Depok.

Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran, dapat menghubungi; [Damar Jinanto] di [+62 813-1757-3718].

Mari bersama-sama menjaga dan melestarikan memori kolektif serta warisan kota Depok!

Contact Person: [Damar Jinanto +62 813-1757-3718]

Tentang PPKB FIB UI: PPKB FIB UI adalah Unit Kerja Khusus bidang penelitian di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia yang menampung dan menyelenggarakan penelitian, pelatihan, seminar, penerbitan, dan kegiatan lain yang berkaitan dengan bidang kajian antropologi, arkeologi, sosiologi, psikologi, sejarah, seni, filologi, filsafat, hukum, ilmu susastra, linguistik, kesejahteraan sosial, hubungan internasional, arsitektur, dan ekonomi. Penelitian dapat bersifat monodisiplin maupun multidisiplin.

Yayasan Lintas Alumni Nusantara Bersatu, merupakan sebuah yayasan yang didirikan oleh jaringan Alumni dari berbagai Perguruan Tinggi dan bergerak dalam issue sosial budaya. Berbagai agenda kegiatan telah dilakukan oleh Yayasan semenjak berdirinya, dan akan terus terlibat dalam gerakan penguatan Masyarakat melalui promosi dan pemberdayaan Masyarakat. Saat ini, Yayasan LANB diketuai oleh Joris Tutupoly, alumni dari Jurusan Arkeologi UI.

Penulis:

Baca Juga