Donor Darah Maraton 44 Kecamatan, Target Sumbang 6.600 Kantong Darah

aksi-donor-darah-di-tingkat-kota-2

Satunusantaranews, Jakarta - Berhasil menyelenggarakan aksi donor darah di tingkat kota (Kota Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Timur)  Anggota DPD RI yang juga Senator DKI Jakarta, Fahira Idris secara maraton mulai menggelar donor darah di 44 kecamatan yang ada di Jakarta.

Kecamatan pertama yang dipilih sebagai lokasi donor darah adalah Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur. Selain menjadi agenda kegiatan bakti sosial dan aksi kemanusian Fahira Idris selama Pandemi. Donor darah maraton tingkat kecamatan ini juga dalam rangka memperingati rangkaian HUT ke 494 Kota Jakarta (22 Juni 2021) dan Hari Donor Darah Sedunia pada 14 Juni mendatang. Dan menargetkan dari tiap kecamatan terkumpul 150 kantong darah untuk disumbangkan ke PMI DKI Jakarta hingga nanti di akhir rangkaian donor darah di 44 Kecamatan ini bisa terkumpul 6.600 kantong darah.

Target utama pendonor darah adalah warga yang berdomisili di Kecamatan Pasar Rebo saja untuk menghindari kerumunan karena antusias warga yang mendaftar sangat besar termasuk dari warga kecamatan lain. Bagi warga di kecamatan lain kami sarankan menunggu aksi donor darah ini digelar di kecamatannya masing-masing.

"Kegiatan donor darah ini kami laksanakan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat. Kegiatan donor darah ini juga kami gelar juga dalam rangka memperingati rangkaian HUT ke 494 Kota Jakarta pada 22 Juni dan Hari Donor Darah Sedunia pada 14 Juni mendatang,” ujar Fahira Idris di sela-sela kegiatan donor darah yang berlangsung di Aula Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur (6/6). Hadir juga dalam kegiatan donor darah ini Camat Pasar Rebo Raden Anthoni Widodo.

Menurut Fahira, alasan utamanya melanjutkan kegiatan donor darah yang semula hanya di tingkat kota ke tingkat kecamatan adalah melihat antusiasme warga Jakarta mendonorkan darahnya. Kesadaran warga Jakarta bahwa pasokan darah di PMI harus terjaga selama pandemi ini menjadikan mereka secara sukarela mendaftarkan diri sebagai pendonor. Memang, lanjut Fahira.

Selama pandemi kegiatan donor darah yang biasanya rutin digelar berbagai instansi mulai berkurang sehingga stok kesedian darah juga berkurang. Oleh karena itu, dirinya berinisiatif menyelenggarakan donor darah secara rutin sepanjang 2021 dan ternyata disambut positif oleh warga Jakarta.

“Saya haturkan banyak terima kasih atas kebaikan warga Jakarta yang bersedia meluangkan waktunya untuk datang dan mendonorkan darahnya, terlebih di masa pandemi saat ini. Dari setiap tetes darah yang kita sumbangkan akan menyelamatkan banyak nyawa dan kehidupan.

"Semoga kolaborasi kita untuk saling bahu membahu, bergotong royong, dan saling tolong menolong terus menyala di kota kita tercinta Jakarta,” pungkas Fahira.

Sebagai apresiasi bagi para pendonor, Fahira Idris memberi piagam penghargaan ‘Pahlawan Darah Indonesia’ kepada warga yang mendonorkan darahnya sebagai bentuk apresiasi bahwa yang mereka lakukan saat ini sangat berarti bagi banyak nyawa dan kehidupan di luar sana.

Selain itu para pendonor juga diberikan bingkisan berisi sembako dan starter pack berisi handsanitizer, masker tiga lapis, sarung tangan plastik, snack box dan minuman ringan.

Penulis: Sri Abdini
Editor: Bambang

Baca Juga