Kerjasama Korea Indonesia dalam Konten Dunia Industri 2019

satunusantatanews - Jakarta. Guna mendukung perluasan perusahaan penyiaran dan konten dalam negeri Korea di Indonesia, National IT Industry Promotion Agency (NIPA) atau Badan Promosi Industri Informasi dan Komunikasi Korea selenggarakan Acara yang bertema "2019 Korea Content Partnership" yang diadakan pada hari Selasa di MidPlaza, Jakarta (27/8/19).

Dalam kegiatan kemitraan juga dihadiri oleh 14 perusahaan terkemuka dalam produksi konten gelombang Korea, termasuk penyiar terestrial dan kabel Korea. Berikut nama-nama perusahaan yang berperan serta dalam acara tersebut; AB MEDIA, CGPlXEL STUDIO INC, Circus Image Works Co., Ltd, CJ ENM Co., Ltd. Grafizix Co., Ltd. ICONIX, IDEACONCERT Co., Ltd., JTBC, KBS MEDIA, Magic Image CO., LTD., PlayOnCast Corp., SMARTSTUDY, Superbean Corp., X ISP Co Ltd.

Deputy Manager NIPA, Seongwon Kil mengatakan pihaknya mengucapkan terima kasih telah memberikan kesempatan seperti ini sehingga bisa memperkenalkan perusahaan-perusahaan dan konten-konten dari Korea di Indonesia untuk sekarang pemerintah Korea sendiri sedang menerapkan kebijakan untuk bergerak melakukan pendekatan ke negara-negara yang berada di selatan khususnya negara-negara Asia Tenggara jadi dengan kebijakan tersebut diadakanlah acara ini sebagai bentuk untuk mempromosikan dan menjalin kerjasama antara Korea dan Indonesia.

"Korea memandang Indonesia sebagai negara yang sangat berperan di kawasan Asia Tenggara diketahui konten-konten dari Korea sudah terkenal di Indonesia dan memiliki banyak peminat dan perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi dalam acara kali ini adalah perusahaan-perusahaan yang dipilih pemerintah Korea sehingga diharapkan bisa terjalin kerjasama yang baik antara pihak-pihak di Indonesia," ujar Seongwon Kil (Asal Korea).

Pameran mencerminkan "New Southern Policy" yang sedang dikejar oleh pemerintah Korea yang akan memberikan peluang bagi perusahaan konten dan penyiaran terkemuka di Korea untuk memasuki pasar lokal di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, dan membangun kemitraan strategis antara perusahaan bilateral Korea dan Indonesia.

"Selama acara berlangsung, kami membuat penyaringan konten untuk memperkenalkan konten perusahaan kami kepada pemerintah Indonesia dan perusahaan yang terkait dengan penyiaran dan konten. Selain itu, akan ada konfersi/konsultasi ekspor bersama buyer (pembeli) yang kuat di lokal secara 1:1, juga akan mengadakan pertemuan bisnis melalui pertemuan jaringan dimana dengan skala bisnis kurang lebih 3 juta dolar," ujarnya lagi.

Seongwon Kil menambahkan, negara Korea dan Indonesia, yang telah memimpin perkembangan luar biasa dengan bersama ICT Korea, akan dapat bertemu bersama untuk membicarakan tentang teknologi, inovasi, dan visi untuk masa depan dan menciptakan bisnis baru.

Manager Director Grafizix Co., Ltd Eunee Park salah satu dari peserta mengatakan, di Indonesia itu sekarang lagi mendapat banyak perhatian dan sedang berkembang secara lebih mobile.

"Jadi banyak media dari Korea juga yang jadi ikutan untuk mau masuk ke Media Indonesia untuk berkembang bersama," ujarnya singkat.

Selain pameran tersebut, juga akan ada 2 macam MoU yang ditandatangani, termasuk produksi konten bersama antara perusahaan Korea dan Indonesia serta ekspor konten. Dan rencananya pada 29 Agustus 2019, NIPA akan gelar event di Kuala Lumpur, Malaysia. (ray/md: foto ist)

Penulis:

Baca Juga