Peristiwa

FGI Peduli Tanggap Darurat Bencana Erupsi Gunung Semeru

satunusantaranews, Lumajang – POSLAP FGI Peduli Semeru Lumajang di lokasi bencana melakukan kegiatan seperti Operasi SAR, Medis Ambulance, droping logistik dan dapur umum. Ketua Gerebek Indonesia A. Wildan Setiawan menyampaikan, Tim assesment berangkat (5/12) dari komunitas AL Ummahat, ISP, ERS , DRU dan REPOTIN dengan kekuatan 2 Mobil Ranger, 3 Ambulance dan 15 relawan.

Sedangkan Tim Utama berangkat (10/12) dipimpin langsung Ketua Umum FGI A.Wildan Setiawan dengan kekuatan 3 Kendaraan Ranger dan 2 KR4 beserta 27 relawan dr komunitas Al Ikhwan Fondation, UAR Bekasi, HIRPALA, WIRAKARYA, RETEPAT, ACP, GARDAPATI Jabar, Rachma Foundation dan DRI.

 

 

Kegiatan Hari Pertama (11/12) melapor ke Posko Utama BASARNAS untuk menjadi potensi relawan yang siap ikut opsar dan kemudian mendirikan tenda POSLAP di lapangan Candi Pura berdampingan dengan semua instansi yang menjadi bagian dalam tanggap darurat bencana erupsi Gunung Semeru Lumajang ini yg mana menjadi satu-satunya unsur relawan yang bisa bergabung di lokasi tersebut

Adapun kegiatan POSLAP FGI Peduli Gunung Semeru seperti 1 Regu Opsar bergabung dgn TIM SRU3 BASARNAS di wilayah kampung Renteng; 1 Regu Tim medis dengan Ambulance bergabung dgn SRU3 BASARNAS; 2 regu droping logistik berupa keperluan pengungsi yaitu : Beras, pempers, susu, makanan anak-anak selimut, alas tidur, pakaian layak pakai dan sebagainya ke posko-posko pengungsi maupun langsung kepada warga terdampak dan membuka dapur umum.

Hasil Kegiatan Giat POSLAP FGI yakni OPSAR : Terlibat dlm evakuasi korban erupsi yang diketemukan a/n MUJIANI 55thn / perempuan / warga kampung Renteng; DROP LOGISTIK : Telah menyalurkan donasi bantuan kepada para warga terdampak berupa : Beras, pempers, selimut, tikar, masker, susu, makanan kecil anak pakaian layak , AL QURAN dan bantuan tunai kepada 122 KK di posko pengungsian SMP 1 Candipuro Lumajang.

 

 

Keterlibatan FGI dalam tanggap darurat bencana erupsi Gunung Semeru Lumajang ini adalah bukti nyata kami sebagai unsur mitra strategis Pemerintah Kota Bekasi dan warga Bekasi dalam tugas Kebencanaan dan Kemanusiaan.

FGI hadir di Lumajang dengan kekuatan penuh dengan tujuan bisa memberikan fungsinya dalam hal opsar, drop logistik, medis dan dapur umum agar mampu bersama-sama dengan unsur terkait dapat mengurangi beban masyarakat yg terdampak.

Pada kesempatan pertama bencana skala nasional ini saya pribadi sangat merasakan pengalaman yang luar biasa yang pada akhirnya membuat saya sangat bangga dan bersyukur kepada Allah SWT karena sudah berada dalam lingkaran manusia-manusia pilihan yang telah dikirimkan oleh ALLAH SWT untuk menjadi relawan sejati tanpa lelah dan militan dalam setiap langkahnya untuk selalu membantu orang lain yang terkena bencana maupun kesulitan. Salam Tangguh, Salam Kemanusiaan, Salam Patriot, tegas Wildan.

Leave a Comment
Share
Published by
Kahfi SNN