Hiburan

GNI Mengusung “Perempuan: Antara Citraan Gambar dan Realitas”

satunusantaranews, Jakarta – Menutup rangkaian agenda Bicara Rupa, Galeri Nasional Indonesia kembali menggelar diskusi dengan tajuk “Perempuan: Antara Citraan Gambar dan Realitas”. Nah, SNNears acara kali ini telah diselenggarakan (17/12) via Zoom dan live Facebook Galeri Nasional Indonesia.

Turut hadir juga Sebagai narasumber adalah Citra Smara Dewi (Kurator Galeri Nasional Indonesia, Pengajar FSRD IKJ), Inda C. Noerhadi (Direktur Cemara 6 Galeri/Toeti Heraty Museum), dan Suwarno Wisetrotomo (Kurator GNI dan Anggota Dewan Kebudayaan DIY). Sementara bertindak sebagai moderator adalah Ira Adriati (Peneliti Seni Rupa).

Secara historiografi seni rupa Indonesia bisa dikatakan belum optimal dalam mengangkat peran perupa perempuan, padahal banyak sosok perupa perempuan yang berperan dalam pengembangan wajah seni rupa nasional. Nah, makanya dari itu SNNears, Bicara Rupa kali ini akan dibahas mengenai kontribusi perupa perempuan dalam perkembangan seni rupa Indonesia, melalui karya-karya koleksi Galeri Nasional Indonesia dan karya seni rupa lainnya yang diciptakan perupa perempuan, serta karya seni rupa bertemakan perempuan yang diciptakan perupa laki-laki.

Wah seru banget gak sih, bisa ngeliat karya wanita cantik yang pastinya bakal bikin kita tercengang.

 

 

Kepala Galeri Nasional Indonesia, Pustanto mengharapkan gelaran diskusi Bicara Rupa yang bertajuk “Perempuan: Antara Citraan Gambar dan Realitas” ini dapat mendorong lebih banyak perbincangan dan kajian mendalam mengenai talenta dan peran perupa perempuan Indonesia.

“Semoga dalam kesempatan ini, kita semua bisa belajar lebih banyak tentang sosok perempuan perupa yang memiliki identitas dan gagasan kuat, yang memiliki andil besar dalam membentuk seni rupa Indonesia. Saya juga berharap lewat Bicara Rupa akan muncul kajian yang lebih mendalam sehingga sejarah seni rupa Indonesia semakin kaya,” ujarnya.

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa diskusi semacam ini, baik dalam format daring ataupun luring akan terus dihadirkan oleh GNI agar dapat terus mengedukasi dan menginspirasi publik terkait seni rupa.

Tenang-tenang, walau acara sudah selesai namun kalian bisa melihatnya kembali dengan mengecek situs official Galeri Nasional loh SNNears.

Instagram    : galerinasional
Facebook     : Galeri Nasional Indonesia
Twitter          : galerinasional_
YouTube       : Galeri Nasional Indonesia

Leave a Comment
Share
Published by
Kahfi SNN