Hiburan

Grafologi, Mengenal Kepribadian Dengan Tulisan Tangan

satunusantaranews, Jakarta – Dalam sebuah film bertema detektif, polisi yang dibantu Grafolog mampu menganalisa sebuah tulisan tangan yang berada di TKP. Dari hasil analisa tersebut mereka bisa mengindentifikasi si pelaku kejahatan yang ternyata seorang psikopat. Benarkah dari tulisan tangan bisa dianalisa sisi kejiwaan seseorang, ataukah itu fiksi dan hanya ada di film? Benar dan itu bukan khayalan. Grafologi merupakan ilmu yang mempelajari tulisan tangan. Ada grafologi untuk psikologi dan grafologi yang terkait dengan ilmu bahasa. Grafologi dalam psikologi merupakan ilmu yang menganalisa pola tulisan tangan untuk mengindentifikasi psikologi maupun karakter seseorang. Grafologi telah menjadi mata kuliah di Amerika Serikat dan Eropa. Kiblat grafologi dunia adalah Itali.

Jika sidik jari merupakan sisi unik seseorang dari sisi fisik maka tulisan tangan perpaduan antara aspek fisik dan non fisik. Tulisan tangan merupakan gambaran kepribadian dari penulisnya. Setiap orang memiliki tulisan tangannya masing-masing, dan itu tidak pernah berubah ketika menulis sesuai standar grafologi. Mengapa hasil analisia grafolog bisa akurat? Karena tulisan tangan merupakan hasil dari aspek manusia secara sadar dan tidak sadar, aspek fisik, mental, sekaligus psikologi. Keunikan yang ada di dalam masing-masing orang menjadi gambaran karakter individu karena pengaruh diri pribadi dan faktor lingkungan. Karakter itulah yang akan menggambarkan pola tindakan seseorang bila berada dalam suatu kondisi. Dalam satu kejadian yang melibatkan dirinya, misalnya, apakah ia cenderung bertanggung jawab atau melarikan diri.

Apakah hanya tulisan tangan yang bisa dianalisa? Tidak, grafologi juga bisa menganalisa coretan, gambar, lukisan, maupun tanda tangan. Analisa tulisan tangan dapat menjadi sarana positif untuk pemahaman maupun pengembangan diri. Dengan kemampuan ilmiahnya Grafolog dapat menjadi konsultan pribadi, misalnya klien yang ingin mengetahui karakter, bakat, bagaimana cara ia menampilkan diri di lingkungan, bagaimana berpikir, mengenali kelebihan atau kekurangan dirinya, dan lainnya agar dapat menentukan langkah yang tepat dalam meraih tujuan hidup. Dengan mengetahui potensi diri maka klien tidak akan salah pilih bisnis, tidak salah memilih pasangan, dan sebagainya.

Bagi sebuah rumah tangga grafologi bisa dipakai untuk memahami persamaan dan perbedaan dengan pasangan sehingga terjalin komunikasi yang lebih baik. Dunia pendidikan memerlukan grafologi untuk melihat potensi siswa sehingga akan tepat memilih jurusan sesuai minat dan bakatnya. Grafologi juga sangat berguna bagi dunia medis, untuk mengetahui apakah seseorang mengalami depresi, represi, gangguan energi, kesehatan, atau gangguan-gangguan lainnya. Di kepolisian, grafologi telah menjadi satu metode pelengkap bukti penyelidikan, sebagai bukti forensik sehingga diajarkan sebagai grafologi forensik. Sedangkan bagi perusahaan metode grafologi sangat berguna untuk membuat job profile, melakukan penyeleksian calon karyawan, rekomendasi perekrutan, penempatan, serta promosi pegawai. Hasil grafologi dan psikotest relatif sama, malahan grafologi dianggap lebih praktis karena pelaksanaannya lebih singkat, tidak seharian seperti psikotes.

Bagaimana Grafolog bekerja? Ada beberapa poin yang menjadi patokannya, antara lain marjin, kemiringan, tekanan, ketebalan tulisan, dan ukuran huruf. Grafolog meminta klien menulis sebanyak 8 – 10 baris di kertas polos, tanpa garis. Dari tulisan itu Grafolog bisa melihat bagaimana kecerdasan dan cara berpikir seseorang, apakah kreatif, berpikir cepat, terbuka terhadap masukan, ada bakat tersembunyi, ambisius, detail, kepercayaan diri, konflik batin, kebutuhan akan perhatian, kemampuan interpersonalnya, minat sosial, gaya komunikasi, integritas, potensi kepemimpinan, gangguan kepribadian, dan lainnya. Maka, tidaklah aneh jika dewasa ini grafologi semakin dibutuhkan, baik digunakan untuk memilih karier, meredam kenakalan anak, mendiagnosis penyakit, mendeteksi perilaku menyimpang, dan sebagainya.

Apakah Anda membutuhkan jasa Grafolog? BIPI TALENTA INDONESIA siap melayani Anda. Kami menyediakan jasa analisa kepribadian melalui tulisan tangan, baik untuk kebutuhan rekrutmen perusahaan, pendidikan, mengembangkan potensi anak, pengembangan diri, memilih pasangan, keharmonisan rumah tangga, dan lain-lain.

 

PT BIPI TALENTA INDONESIA
Jalan Pejaten Raya No. 10B Pejaten Barat,
Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12510
Telp: (021) 2753 4135 | HP: 0878 7398 5623 (Jakarta) | 0858 1032 4243 (Luar Jakarta) | 0859 2147 1203 (Marketing) | 0857 1770 0064 (Training)

www.bipiconsulting.com

www.biropsikologi.com

Leave a Comment
Share
Published by
Kahfi SNN