Hiburan

Heliconia, Pisang Hias Dengan Segala Keunikannya

satunusantaranews, Jakarta – Mungkin kalau kalian mendengar pohon pisang, yang terlintas dipikiran pasti tanaman menjulang yang kadang suka ditongkrongin oleh beberapa sosok horror seperti pocong dan kuntilanak. Namun, berbeda dengan tanaman pisang hias satu ini. Heliconia namanya, Heliconia atau pisang-pisangan merupakan tanaman hias khas wilayah tropis yang biasanya dikenal dengan nama pisang hias.

Tanaman ini sering digunakan sebagai penghias taman rumah, perkantoran, hotel, sampai pelengkap rangkaian bunga. Tanaman Heliconia mulai populer di Indonesia pada tahun 1997. Pada awalnya tanaman hias satu ini banyak ditemui di Amerika Latin, Asia Selatan, dan beberapa kepulauan Pasifik di Karibia.

Tanaman ini memiliki jenis daun tunggal yang mana pelepah daunnya berbentuk batang. Tangkai daun beralur dan memiliki panjang sekitar 50 sampai dengan 75 cm. Helaian daun berbentuk lonjong, bagian tepi daun rata, ujung daun meruncing, dan pangkalnya membulat. Daun Heliconia memiliki pertulangan yang sifatnya menyirip dan permukaannya tertutup lilin dengan tekstur licin serta berwarna hijau.

Bunga heliconia termasuk jenis bunga majemuk yang bentuknya seperti tandan. Letak bunga biasanya di bagian ketiak daun dengan tangkai yang panjangnya sekitar 25 hingga 40 cm. Posisi bunga duduk yaitu berada dalam tenda bunga dan ujung tenda lancip.

Selain itu juga bunga unik pada tanaman ini juga memiliki 2 jenis kelamin yaitu putih dan benang sari. Kedua jenis kelamin tersebut memanjang keluar dari tabung mahkota. Sedangkan bagian dasar dari mahkota bunga berbentuk tabung dengan panjang kira-kira 3 sampai dengan 4 cm berwarna kuning dan tenda bunganya merah.nah, jika kalian bertanya-tanya bagaimana mereka melakukan penyerbukan? Proses perkembangbiakan tanaman Heliconia yaitu melalui penyerbukan bunga ini.

Bunga unik ini juga ternyata memiliki banyak sekali manfaat loh SNNers, tidak percaya? Tanaman ini dapat dijadikan sebagai obat tradisional alami yang aman dikonsumsi. Untuk caranya sendiri yaitu ambil tangkai daun tanaman Heliconia kira-kira 15 gram kemudian cuci hingga bersih dan dipotong kecil-kecil. Setelah itu rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih selama kurang lebih 15 menit. Kemudian disaring untuk diambil sarinya dan air rebusan tersebut bisa diminum dua kali sehari pagi dan sore.

Selain menjadi obat sakit perut, ternyata tanaman ini juga menyerap polutan lhoo.. Salah satu jenis tanaman yang bisa mengurangi pencemaran udara yaitu Heliconia. Tanaman ini mempunyai manfaat lain yaitu bisa menyejukkan udara yang ada disekitar. Dengan demikian, tanaman Heliconia ini sangat membantu dalam penyerapan polusi udara yang ada di sekitar tempat penanaman.

Leave a Comment
Share
Published by
Kahfi SNN