Hiburan

Hijau dan Merah, Berikut Alasan Mengapa Natal Selalu Identik dengan Warna Tersebut

satunusantaranews, Jakarta – Menjelang Natal, umat Nasrani berlomba-lomba dalam mendekor ruangan bahkan pohon natal dalam merayakan hari raya kelahiran Yesus Kristus yang jatuh pada 25 Desember setiap tahunnya. Tetapi SNNears sadar gak kalau hari raya Natal selalu identik dengan warna merah dan hijau? Lantas apa alasannya?

Berdasarkan pemahaman dari berbagai sumber, alasan mengapa natal identik dengan warna merah dan hijau berawal saat Bangsa Celtic kuno yang menganggap bahwa tanaman holy yang memiliki warna merah dan hijau dianggap sebagai tanaman suci karena dipercayai dapat menjaga bumi tetap indah saat musim dingin tiba dengan menjadikan tanaman tersebut sebagai dekorasi pada setiap rumah.

Tradisi tersebut berlanjut sampai abad ke-14 saat gereja-gereja menggunakan kedua warna tersebut sebagai kain pembatas antara altar dengan umat atau disebut sebagai layar rood. Spike Bucklow seorang peneliti sekaligus ilmuwan yang berasal dari Cambridge University menganggap kebiasaan itu yang mempengaruhi orang-orang Victoria di masa mendatang memakai warna merah dan hijau sebagai tanda bahwa natal akan segera tiba.

 

 

Selain itu, pemilihan warna merah dan hijau sebagai warna yang identik dengan natal juga berasal dari seorang yang menggambar sketsa sinterklas pada iklan minuman bersoda Coca-Cola, Haddon Sundblom. Walau tidak pernah konsisten dalam menggambar tokoh sinterklas pada iklan tersebut, akhirnya ia memutuskan untuk menggambarkan tokoh sinterklas sebagai tokoh yang gemuk serta periang yang menggunakan jubah berwarna merah.

Melansir dari laman National Geographic, seorang pengarang buku Secret Language of Color, Arielle Eckstut mengatakan bahwa keputusan kreatif tersebut memiliki pengaruh yang besar ketika iklan minuman bersoda tersebut sangat populer serta membuat tokoh sinterklas pada iklan tersebut adalah asli dengan warna merah dari jubah Santa serta warna hijau dari pohon cemara dan tanaman holy.

Karena hal tersebut mengapa warna merah dan hijau menjadi warna yang sangat identik dengan hari raya natal yang dirayakan 25 Desember setiap tahunnya.

Leave a Comment
Share
Published by
Kahfi SNN