Nasional

HUT Ke 22 KKP, Adakan Lomba Anugerah Jurnalistik Sahabat Bahari

satunusantaranews, Jakarta – Menyadari pentingnya peran jurnalis, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengadakan Anugerah Jurnalistik Sahabat Bahari. Acara ini juga merupakan salah satu rangkaian ulang tahun KKP ke 22 yang jatuh pada 26 Oktober. Dengan acara ini, KKP ingin memberikan apresiasi sebesar-besarnya bagi para jurnalis yang bermutu tinggi dalam memberitakan sektor kelautan dan perikanan.

 

Pada ulang tahunnya kali ini KKP mengambil tema Ekonomi Biru Untuk Indonesia. Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Kerja Sama Luar Negeri, Agung Tri Prasetya yang turut hadir dalam virtual meeting kali ini, berharap semoga perayaan ulang tahun KKP kali ini dapat menggelorakan semangat seluruh keluarga besar KKP. Sebagaimana harapan masyarakat terhadap KKP sebagai salah satu tulang punggung ekonomi Indonesia.

 

Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Kerja Sama Luar Negeri, Agung Tri Prasetya

 

“Kami tidak hanya akan lakukan kegiatan secara eksternal tetapi internal kementerian juga,” ujar Agung.

 

Dirinya juga berterimakasih kepada media yang akan menyemarakkan kegiatan ulang tahun KKP kali ini.

 

Di kesempatan yang sama, Asisten Khusus Menteri KKP yang juga sebagai ketua pelaksana, Doni Ismanto juga turut berterimakasih kepada media yang selalu bersama mengawal kegiatan KKP. Semoga kedepannya media akan selalu sejalan dengan keinginan Menteri Trenggono yang ingin membawa KKP ‘rebound’ dalam segi pelayanan dan kinerja kementerian.

 

“Kami apresiasi rekan-rekan media yang selalu menemani kami menjadi penggerak ekonomi bangsa,” kata Doni.

 

Asisten Khusus Menteri KKP yang juga sebagai ketua pelaksana, Doni Ismanto

 

Nantinya Anugerah Jurnalistik Sahabat Bahari akan menggelar perlombaan dengan total hadiah 100 juta. Lomba terdiri dari 3 kategori yaitu media cetak, media online serta foto jurnalistik. Sedangkan untuk tema bisa mengambil dari 4 tema yang telah disediakan. Penangkapan terukur, Dukung PNBP kelautan dan perikanan, Komoditas ekspor budidaya berbasis kawasan, dan Pengentasan kemiskinan melalui kampung-kampung budidaya.

 

Para jurnalis yang akan berpartisipasi cukup mengirimkan karya jurnalistiknya ke email humas.kkp@kkp.go.id dengan subyek Anugerah Jurnalistik Sahabat Bahari. Penilaian karya jurnalistik akan menghadirkan juri eksternal dan juri internal KKP. Ardhi Suryadi (Wakil Pemimpin Redaksi Detikcom), Lukita Grahadyarini (Harian Kompas), Melly Riana Sari (Jurnalis Foto) akan menjadi juri dari eksternal. Sedangkan Sekretaris Jenderal KKP, Antam Novambar akan ikut menjadi juri internal KKP bersama Doni Ismanto dan Agung Tri Prasetya.

 

Tidak tersentuhnya sektor kelautan meski kenyataannya sumber daya kelautan dan perikanan yang dimiliki oleh Indonesia sangat beragam, baik jenis dan potensinya menjadi dasar Presiden Abdurrahman Wahid dengan Keputusan Presiden No.355/M Tahun 1999 tanggal 26 Oktober 1999 dalam Kabinet Periode 1999-2004 mengangkat Ir. Sarwono Kusumaatmaja sebagai Menteri Eksplorasi Laut. Maka dari itu lahirlah Kementerian Eksplorasi Laut yang saat ini berkembang menjadi Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Leave a Comment
Share
Published by
Kahfi SNN
Tags: KKP