Categories: Ekonomi Bisnis

In Store Promotion Semarakkan Kembali Pusat Perbelanjaan

Program Bangga Buatan Indonesia

satunusantaranews, Jakarta – In Store Promotion di Grand Atrium Mal Kota Kasablanka, Jakarta bakal dihelat pada 18-22 November 2020. Acara ini merupakan upaya Kementerian Perdagangan bersama Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) untuk mendorong minat beli konsumen dan membantu pelaku UMKM-agar tetap eksis mempromosikan produknya.

Baca juga: Artikel Lain Serupa

Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal Suhanto saat membuka perhelatan tersebut, yang juga dihadiri Pimpinan Mal Kota Kasablanka, Lusiana serta Direktur Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri, Ida Rustini. Dan in Store Promotion merupakan salah satu komitmen Kementerian Perdagangan dalam menyemarakkan kembali pusat perbelanjaan.

Baca juga: Tips Belanja Online dengan Kualitas Juara

“Melalui kegiatan ini, diharapkan akan menarik kembali minat masyarakat dalam berbelanja, khususnya di pusat perbelanjaan di tengah pandemi Covid 19,” kata Suhanto, dimana kegiatan ini diikuti 57 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

 

Seperti diketahui, secara bersamaan pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) juga telah mengubah pola konsumsi masyarakat sehingga penjualan secara offline terutama di pusat perbelanjaan sangat terasa dampaknya.

Oleh karenanya, Kementerian Perdagangan terus mendorong kegiatan positif ini demi menjaga kestabilan ekonomi nasional. UMKM diharapkan mampu memberikan kontribusi 60 persen dari total PDB, yang artinya menyerap 96 persen tenaga kerja dari total 133 juta angkatan kerja, serta sumbangsih 14 persen dari total ekspor nasional, tambah Suhanto.

 

In Store Promotion perlu dilakukan sebagai upaya pemulihan ekonomi yang terdampak Covid 19. Ini upaya menjaga pasar dan daya saing produk UMKM. Tentu dengan adanya dorongan dari pemerintah, UMKM Indonesia diharapkan tetap eksis dan dapat beradaptasi dengan keadaan sulit ini sehingga tetap menjadi stimulus bagi ekonomi nasional, imbuhnya.

 

Suhanto menambahkan, Kementerian Perdagangan juga telah bekerja sama dengan salah satu grup perhotelan untuk mendukung pemberdayaan UMKM di sektor perdagangan. Kerja sama ini dilakukan melalui pemanfaatan fasilitas perhotelan dan jasa akomodasi. Hal ini merupakan bentuk keseriusan pemerintah dalam mengembangkan sektor UMKM, jelasnya.

Sementara itu, Direktur Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri, Ida Rustini menjelaskan, In Store Promotion juga mendukung program Bangga Buatan Indonesia (BBI). Berbagai kegiatan lain juga digelar, yaitu lokakarya, demo produk, dan penampilan grup musik. Dan tentunya dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai ketentuan yang berlaku,” tutup Ida.

 

Sedangkan pimpinan Mal Kota Kasablanka, Lusiana menegaskan keinginan dari pihak mal untuk membantu pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional dan mendukung gerakan BBI. Mal Kota Kasablanka berkomitmen memberikan ruang promosi bagi UMKM sehingga membuka kesempatan yang lebih luas untuk meningkatkan kepercayaan konsumen khususnya dalam membeli produk dalam negeri, jelasnya.

 

In Store Promotion merupakan tindak lanjut peluncuran program BBI yang dilaksanakan pada 16 September 2020 secara virtual di Jakarta. Peluncuran program BBI ini bertemakan “Kampanye Pernak Pernik Unik Bangga Buatan Indonesia Kementerian Perdagangan”.

 

Bahkan sebelumnya, Kementerian Perdagangan juga telah menyelenggarakan In Store Promotion pada 4-8 November 2020 di Atrium Gandaria City Mall, Jakarta. Kegiatan ini dibuka Menteri Perdagangan Agus Suparmanto dengan menampilkan 55 pelaku UMKM. Selanjutnya, kegiatan ini pun dijadwalkan dilaksanakan kembali di AEON BSD City Mall.

Leave a Comment