Jangan Langsung Angkat Telfon Tak Dikenal, Siapa Tahu Itu Penipuan Malware

Jangan Langsung Angkat Telfon Tak Dikenal, Siapa Tahu Itu Penipuan Malware
Jangan Langsung Angkat Telfon Tak Dikenal, Siapa Tahu Itu Penipuan Malware

satunusantaranews, Jakarta - SNNears, jika kalian Android users, berhati-hatilah menerima telepon. Sebab ada risiko menjadi korban penipuan malware yang mencuri informasi pribadi. Duh serem banget.

Baru-baru ini malware bernama BRATA ditemukan di Italia. Menurut para peneliti dari Cleafy, malware itu sebelumnya hanya ditemukan di Brazil saja. McAfee dalam laman resminya, mengatakan BRATA juga telah terlihat di Spanyol dan Amerika Serikat (AS). Gila, harus hati-hati ini sih.

Sebagai bagian dari penipuan, pelaku akan mengontak pengguna Android yang menjadi korban serangan SMS untuk mencuri informasi perbankan online.

Para peneliti dari Cleafy mengatakan varian malware terbaru itu mampu tidak terdeteksi oleh sebagian besar pemindai AV.

Mengutip dari halaman The Sun, mereka melaporkan malware menyamar sebagai aplikasi perbankan, fitness dan scanning dokumen. Aplikasi-aplikasi tersebut mengakses ke lebih dari 300 ribu pengguna Android (6/12).

Menurut McAfee, pelaku dapat mengambil alih ponsel korban, seperti menyembunyikan dan menampilkan panggilan masuk dengan menyetel volume dering jadi tidak terdengar serta mematikan layar. Selain itu memberi izin secara diam-diam dengan menekan tombol 'Allow' saat permintaan tersebut muncul di layar.

Penipuan ini menggunakan rekayasa sosial (social engineering) untuk memanfaatkan ketakutan dan urgensi para korbannya. Dalam serangan phishing, korban akan memberikan kuncinya sendiri bukan pelaku yang harus mencuri.

McAfee menuliskan untuk tetap aman dalam metode social engineering terutama dalam hal ini haruslah tetap sadar. Perusahaan juga mengimbau menggunakan tools antivirus.

The Sun mengatakan jika kalian yakin menjadi korban secepatnya menghapus aplikasi yang mencurigakan dan melakukan scan antivirus. Malware ini juga mengirimkan pesan dari daftar kontak, pastikan tidak ada orang-orang di sana yang menerima pesan misterius khususnya link aneh.

Laman The Sun juga mengingatkan untuk melakukan pemeriksaan keamanan rutin. Selain itu juga SNNears untuk tetap memastikan menggunakan sistem operasi terbaru.

Penulis: Icha
Editor: Maztjoek

Baca Juga