Categories: Kesehatan

Jangan Malu Konsultasi Ke Psikolog

satunusantaranews, Jakarta – Konsultasi psikologi merupakan tindakan diagnostik yang dilakukan oleh psikolog untuk menilai kesehatan mental, keadaan pikiran, dan kejiwaan seseorang. Setelah pasien menceritakan masalahnya kemudian dilakukan rangkaian tes psikologi. Setelah mengetahui masalah dan mendiagnosa, psikolog akan memberi solusi berupa saran-saran, termasuk juga apakah perlu dilakukan terapi pada sang pasien atau tidak. Dengan keahliannya, psikolog membantu mengatasi emosi yang pasien rasakan, seperti perasaan sedih, cemas, takut, kecewa, maupun traumatis. Psikolog juga membantu mengatasi gangguan mental, seperti depresi, gangguan kecemasan, bipolar, halusinasi, ketergantungan narkoba, obat-obatan, sex, juga masalah percintaan, persahabatan, karier, kenakalan anak, dan lainnya.

 

Kapan seseorang perlu konsultasi ke psikolog? Jika mengalami masalah yang berat dan sampai tidak tahu apa yang harus dilakukan. Jika kondisi ini terus dibiarkan maka bisa mengalami depresif yang semakin berat. Namun, masih banyak orang yang sulit membedakan antara psikolog dan psikiater. Psikiater berlatar belakang ilmu kedokteran yang mengambil spesialis ilmu jiwa yang terkait dengan saraf, dan bisa meresepkan obat. Sedangkan psikolog berlatar belakang ilmu psikologi dan tidak bisa meresepkan obat. Psikolog memberi perawatan dengan psikoterapi, dengan cara mengubah cara pandang pasien dalam menghadapi masalahnya.

 

Orang yang baru pertama kali konsultasi merasa takut dan tidak nyaman adalah wajar, namun jangan sampai tidak membuka diri, jangan berbohong atau menutup-nutupi sesuatu karena takut dipandang negatif karena semua itu akan dirahasiakan oleh psikolog. Jika psikolog tidak tahu masalah yang sebenarnya maka terapi yang diberikan bisa meleset dan pasien sendiri yang rugi. Pasien juga berhak mengajukan pertanyaan, misalnya terapi apa yang akan diterapkan kepadanya, apakah terapi dilaksanakan jangka pendek atau jangka panjang, berapa kali harus melakukan konsultasi, dan apakah ada anggota keluarga atau orang dekat yang perlu dilibatkan. Terapi bisa dilakukan secara individu, bersama pasangan, keluarga, atau kelompok tertentu.

 

Terapi jangka pendek hanya beberapa kali sesi, sedangkan terapi jangka panjang bisa hitungan bulan atau tahun. Lama atau pendeknya tergantung pada kompleksitas masalah, tingkat keparahan gejala, serta seberapa cepat pasien mengalami kemajuan dalam menjalani terapi. Apa saja yang harus disiapkan sebelum konsultasi? Tentukan tujuan utama untuk menemui psikolog, siapkan diri untuk membuka luka hati atau emosi, cari waktu luang agar konsultasi bisa lebih optimal, mengenali jenis terapi yang akan lakukan, dan menyiapkan anggaran. Psikolog akan menanyakan hal-hal terkait dengan masalah yang sedang dihadapi. Pertanyaan umum yang diajukan antara lain berapa lama mengalami masalah itu, apa dampak yang dirasakan, serta apa sudah ada upaya untuk mengatasi masalah tesebut. Pertanyaan dan jawaban—mungkin juga diperlukan ada tes IQ, sifat, dan perilaku—dipakai untuk mengetahui akar masalah. Ketika akar masalah sudah ditemukan maka dilakukan diagnosa yang tepat dan rencana untuk dilakukan psikoterapi. Berapa lama durasi konsultasi agar benar-benar pulih dari masalah yang dihadapi? Masing-masing pasien berbeda, tergantung berat atau ringan masalah yang dihadapi.

 

Apakah seorang anak juga butuh konsultasi psikologi? Ya, jika pada diri si anak ada indikasi yang mengarah adanya gangguan kejiwaan. Konsultasi psikologi anak merupakan pemeriksaan menyeluruh, baik yang berhubungan dengan emosi, dan perilaku sehingga jika ada gangguan psikologi bisa dideteksi sejak dini dan ditangani sejak awal. Orang tua mesti waspada jika anaknya punya gejala suka menyediri, suka menyakiti diri sendiri atau orang lain, suka melawan, punya teman khayalan, atau baru saja mengalami kejadian traumatis seperti kecelakaan, menjadi korban kekerasan, atau meninggalnya keluarga dekat. Tentu saja perlu orang tua (pengasuh) perlu memastikan sejak kapan masalah psikologis itu muncul, apa faktor pemicunya, termasuk riwayat tumbuh kembang si anak sejak masa kehamilan. Malahan, jika diperlukan, bisa melibatkan orang yang sehari-hari berinteraksi dengan si anak, misalnya guru.

 

Apakah Anda membutuhkan jasa psikolog untuk konsultasi pribadi? BIPI TALENTA INDONESIA siap melayani Anda dengan psikolog-psikolog profesional. Kami siap menjadi sahabat karib yang akan menjaga rahasia pribadi Anda.

 

PT BIPI TALENTA INDONESIA
Jalan Pejaten Raya No. 10B Pejaten Barat,
Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12510
Telp: (021) 2753 4135 | HP: 0878 7398 5623 (Jakarta) | 0858 1032 4243 (Luar Jakarta) | 0859 2147 1203 (Marketing) | 0857 1770 0064 (Training)

www.bipiconsulting.com

www.biropsikologi.com

Leave a Comment
Share
Published by
Kahfi SNN
Tags: Psikolog