Ekonomi Bisnis

Jelang Imlek Buah Jeruk Mulai Membanjiri Tarakan, Buah Naga Nusantara Ekspor ke Hong Kong

satuhusantaranews, Indonesia – Jelang Imlek yang jatuh pada awal Bulan Februari mendatang. Ada tradisi yang tetap dilestarikan, yakni menyajikan buah jeruk. Dan sebanyak 4.000 kg buah jeruk asal Kota Surabaya diperiksa Karantina Pertanian Tarakan (14/01) lalu.

Pasokan buah ini untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan menjelang Hari Raya Imlek. Pemeriksaan dilakukan meliputi kesesuaian dan kebenaran dokumen dengan kuantitas juga jumlah buah. Selain buah jeruk, pejabat karantina juga melakukan pemeriksaan buah lain yang dimasukan yakni apel dan pir.

“Setelah kami lakukan pemeriksaan fisik dan administratif, seluruh dokumen lengkap dan benar dengan kondisi buah segar dan bebas OPTK. Tindakan selanjutnya yakni kami lakukan pembebasan dengan menerbitkan KT-9”, ujar Farid Rifaldi, pejabat karantina yang bertugas.

Begitu pula perayaan tahun baru Imlek di Hong Kong sebagai salah satu wilayah teritorial berpenduduk etnis Tionghoa terbesar pun mulai berbenah. Berbagai persiapan seperti makanan diantaranya turut menjadi bagian yang tidak boleh luput dari sajian.

 

 

Indonesia memiliki potensi produk hortikultura yang sangat beragam. Tingginya permintaan buah naga sebagai ‘buah wajib’ untuk altar, memanggil petani kita untuk memasok buah segar ke Hong Kong.

Sebanyak 17 ton buah naga yang dikemas dalam 1.820 karton dilakukan pemeriksaan fisik dan kesehatan (17/01) oleh Masanto dan Zoliand Sobilhaqq sebelum berlayar ke Hong Kong. Nilai ekonominya besar, mencapai 205,8 juta rupiah.

“Meskipun baru di permulaan tahun, ini awal yang sangat menjanjikan untuk peningkatan ekspor komoditas pertanian di tahun 2022. Apalagi perekonomian dunia mulai beranjak naik secara perlahan seiring membaiknya penanganan pandemi Covid-19 di sejumlah negara, termasuk Indonesia,” ujar Hasrul, Kepala Karantina Pertanian Tanjung Priok.

Buah naga diperiksa satu persatu dengan teliti agar terbebas dari hama dan penyakit yang tidak boleh ditemukan. Pemeriksaan ini merupakan pemenuhan syarat ekspor yang diminta oleh pemerintah Hong Kong demi menjamin kualitas produk terbaik.

Sudahkah persiapkan untuk Imlek di daerahmu?

Leave a Comment