Hiburan

Kalian Suka Berkebun di Rumah? Yuk Coba Tanam Anggur di Rumah

satunusantaranews, Jakarta – SNReaders siapa yang suka berkebun? Bagi kalian yang suka berkebun dirumah, coba tanam anggur dirumah yuk. Menanam sayur dan buah sendiri saat ini sudah sangat mungkin untuk dilakukan loh. Dengan meluangkan waktu sedikit agar bisa menanam dan merawat tanaman dengan baik, SNReaders sudah bisa memanen hasil kebun sendiri untuk dikonsumsi. Bahkan kerennya buah anggur pun bisa kalian tanam di pekarangan rumah atau apartemen yang memiliki lahan sempit.

 

Menurut Nur Prayudianto, pegiat budidaya anggur, pada webinar ASN Berkebun Series 002 (17/10) menyatakan bahwa menanam anggur dapat dilakukan di tempat yang tidak memiliki lahan sekalipun. “kalau kalian tidak punya lahan luas, tapi ada pagar yang menjulang tinggi nah media itulah yang bisa kalian gunakan. Sistem Trelis namanya. Hanya menggunakan kawat panjang yang melingkar disepanjang pagar kalian.” ujarnya.

 

 

Ia juga mengaku bahwa menanam anggur tak serumit yang dibayangkan. Buah dengan familia Vitacecae ini mampu hidup menyesuaikan tempat yang mereka tempati saat itu. Hanya perlu diberi sinar matahari rutin setiap harinya maka buah ini dapat hidup dengan baik.

 

Namun, untuk menjamin pertumbuhan buah ini bagus hal yang harus diperhatikan pertama adalah pemilihan bibit. . Dalam pemilihan bibit ini, ada kriteria yang dijadikan patokan untuk menilai kualitas dari bibit anggur. Tahap ini termasuk krusial yang harus diperhatikan dengan baik, karena akan berdampak pada kualitas tanaman serta buah anggurnya nanti.

 

Baca JugaKenalan Sama Buah Kenari Yuk, Buah Khas Maluku Utara

 

Pertama-tama adalah memiliki tiga ruas batang dengan panjang sekitar 25 cm sampai 30 cm , lalu memiliki batang bibit berbentuk bulat berukuran 1 cm . Kulit batang berwarna coklat, bagian bawah kulit berwarna hijau, tidak ada bercak hitam, dan tidak mengandung embun air, selanjutnya tunas terlihat kokoh, besar, dan padat. Yang paling penting adalah berusia sekitar lima bulan dan memiliki tiga hingga empat helai daun sebab sering kali dijumpai bibit anggur dijual namun usianya masih dibawah 3 bulan.

Leave a Comment
Share
Published by
Kahfi SNN