Pariwisata

Kampung Rawa Biru Merauke Jadi Lokasi Wisata Baru di Perbatasan Papua

Satunusantaranews, Merauke – Nama Rawa Biru sudah tidak asing bagi masyarakat Merauke. Sejak zaman pemerintahan Belanda sampai sekarang, rawa ini dimanfaatkan sebagai sumber air bersih bagi masyarakat sekitar. Selain itu, indahnya pemandangan dan potensi alam yang melimpah di sekitar Rawa Biru, ada tempat wisata baru yang layak dikunjungi, namanya Wisata Pelangi Rawa Biru.

Cara menuju lokasi dari Merauke, pengunjung bisa menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua yang ditempuh selama 1,5 jam. Sebelum memasuki daerah tersebut, pengunjung harus melapor ke Pos Satgas Pamtas dulu, mengingat lokasinya yang berbatasan langsung dengan Papua Nugini.

Tempat wisata satu in ternyata menyimpan berbagai jenis ikan, seperti ikan kaca, kakap loreng, kakap kuning, kakap rawa, sembilan kuning, arwana, betik, dan lain-lain.

Wisata Pelangi Rawa Biru dilengkapi beragam fasilitas pendukung untuk pengunjung yang ingin berwisata, seperti pendopo, kantin, toilet umum, dan yang terpenting lokasi spot foto yang menarik.

Nah .. disebut Rawa Biru bukan karena airnya tampak biru seperti laut ya. Tetapi karena memiliki air yang bersih dan juga jernih, meskipun ekosistemnya berupa rawa.

Menurut warga setempat, banyak turis yang sering berkunjung ke tempat wisata satu ini setiap Januari-Februari atau sekitaran bulan Mei-Juni.Umumnya para wisatawan berasal dari Jepang, Malaysia, Korea, China dan juga Amerika. Nah, dari sinilah masyarakat sana mengambil kesempatan untuk membuka usaha, seperti tempat hunian selama berlibur atau perahu untuk mengarungi rawa indah satu ini.

Beberapa dari turis yang datang juga mengaku senang melakukan aktivitas memancing bersama dengan keluarga atau yang terkasih. Ayo-ayo siapa yang pengen kesana bareng temen atau keluarga? nanti kalau kesana jangan lupa ceritakan pengalaman kalian ke minca ya!! happy travelling!

Leave a Comment