Pariwisata

Karampuang Suguhkan Rembulan Surga di Bawah Laut

satunusantaranews, Mamuju – Mamuju memiliki beberapa wisata pantai yang wajib dimasukkan dalam daftar destinasi. Pulau Karampuang adalah salah satunya yang paling populer. Mengapa disebut dengan Karampuang?

Masyarakat Mamuju lah yang membuat nama tersebut yang berarti “Rembulan”. Sesuai dengan namanya, di pulau tersebut menyuguhkan pemandangan ekosistem bawah laut yang memesona dengan biota laut yang warna-warni dan terumbu karang yang masih terjaga.

Pulau yang didominasi dengan batu karang dan semua sisinya dikelilingi Teluk Mamuju ini memiliki luas wilayah 6,37 km2 loh SNNers. Nah, secara administrasi masuk dalam wilayah Desa Karampuang, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat.

Letak pulau ini tepatnya berjarak sekitar 3 kilometer dari pusat kota Mamuju, untuk menuju kawasan obyek wisata ini bisa memulai perjalanan dari dermaga kota Mamuju yang terdapat di area tempat pelelangan ikan Kasawi.

SNNears dari dermaga ini kalian bisa menyewa perahu mesin yang biasa disebut dengan sebutan katinting, menuju ke Pulau Karampuang dengan waktu tempuh sekitar 15-20 menit dan tarif yang relatif terjangkau. Ya, pokoknya menurut Minca sih worth it banget sama pemandangan yang bakal kalian dapatkan. Setibanya di Pulau Karampuang kalian akan disambut dengan dermaga kayu dari Pelabuhan Ujung Bulo yang menjorok ke laut sepanjang kurang lebih 500 meter, yang juga merupakan landmark dari Pulau Karampuang.

 

 

Pemandangan bawah laut Pulau Karampuang sudah terlihat dengan jelas dari dermaga ini. Pokoknya waktu perjalanan dijamin tak terasa karena wisatawan dapat menyaksikan Kota Mamuju, panorama “Mamuju City”, lalu lintas kapal hingga hutan bakau.

Saat setibanya kalian di surga bawah laut ini, kalian akan dimanjakan oleh pesona air laut yang jernih menambah kekaguman terhadap Karampuang, sehingga pemandangan bawah laut masih dapat disaksikan sampai kedalaman beberapa meter meski dari dermaga. Ini membuat wisatawan tidak mampu menahan diri untuk segera bermain air bersama ikan-ikan kecil.

Pulau Karampuang mampu menyediakan berbagai fasilitas yang cukup lengkap bagi para pengunjungnya. Dengan sumber listrik yang berasal dari mesin diesel dan panel surya, kalian dapat merasakan suasana yang tenang, sederhana, dan berbeda dari kehidupan perkotaan.

Bagi kalian yang tertarik untuk menginap di Pulau Karampuang, tenang kalian dapat menyewa penginapan lokal dengan bentuk bangunan yang mampu memberikan suasana alam yang alami dengan mayoritas material kayu dan bambu. Alternatif penginapan lain yang dapat kalian temukan adalah dengan membangun perkemahan yang dapat kamu lakukan bersama dengan teman atau pun keluarga kamu, ya! Wah cocok banget nih buat healing selama setahun belakang.

Yuk mari berkunjung kesana dan bila berada di sana jangan lupa juga untuk mengaktifkan alarm biar tidak lupa waktu yah, saking menikmatinya keindahan Pulau Karampuang.

Leave a Comment
Share
Published by
Kahfi SNN