Kartu Kredit Grab X Danamon Membantu Generasi Z Mengatur Finansial Hasil Kreatifitas Mereka

Kartu Kredit Grab X Danamon Membantu Generasi Z Mengatur Finansial Hasil Kreatifitas Mereka
Kartu Kredit Grab X Danamon Membantu Generasi Z Mengatur Finansial Hasil Kreatifitas Mereka

satunusantaranews, Jakarta - Hi ...SNReaders, Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah Generasi Z mencapai 27,94 persen sehingga artinya keberadaan Gen Z memegang peranan penting dan memberikan pengaruh pada perkembangan Indonesia saat ini dan nanti. Nah, SNReaders dengan fenomena platform digital Kartu Kredit Grab X Danamon yang berkembang dan membantu generasi Z untuk menunjukkan kreatifitas milik mereka, membuat mereka juga turut mengatur finansial milik mereka sendiri dari hasil kreatifitasnya tersebut.

Generasi Z memang terkenal memiliki pengaruh besar untuk perkembangan Indonesia saat ini. Biasanya, Generasi Z peduli dengan lingkungan hingga menjadi inspirasi bagi banyak kalangan. Gen Z, sebutan untuk generasi yang lahir tahun 1995 sampai 2010, saat ini mendominasi komposisi penduduk di Indonesia.

Namun, dengan adanya pandemic yang masih merajalela di kehidupan kita membuat generasi ini merasa cemas. Sebab perilaku aktif yang mencerminkan kehidupan mereka, kini harus terhambat. Hal ini pun dibahas Taufan Teguh Akbar selaku CEO Rumah Millennials pada kesempatan Kerjasama Grab X Danamon (02/11).

Ada perubahan perilaku generasi muda yang cukup signifikan akibat pandemi ini, seperti meningkatnya kecemasan mengenai apakah mereka dapat mempertahankan gaya hidup pilihan mereka. Hal ini wajar, karena banyak hal yang terhambat oleh pandemi, baik dari sisi sosial maupun finansial.

Generasi usia produktif ini sedang tinggi-tingginya bermimpi. Mereka ingin mempunyai pekerjaan dengan penghasilan yang baik agar mereka dapat mulai mencicil kebutuhan primer mereka seperti rumah dan mobil, meningkatkan kesejahteraan keluarga, serta memiliki gaya hidup keseharian yang mendukung aktualisasi diri dengan bersosialisasi.

"Tantangan menjadi diri sendiri di tengah krisis ini memang nyata, baik dari sisi sosial dan finansial,” ujarnya.

Hal ini disetujui oleh komika Indonesia, Aci Resti. Ia mengaku bahwa dirinya selama pandemic tidak melakukan aktifitas apapun selain rebahan di kasurnya. Bahkan dirinya sendiri beranggapan bahwa dirinya sangat tidak produktif selama pandemic ini berlangsung.

“Iya jadi gue ngerasa gak produktif aja gitu, kerjaan gue cuman ngedrakor doang. Pusing banget deh pokoknya gue di rumah, ” jujur komika asal ibu kota ini.

Hingga akhirnya ia memutuskan untuk melalui fase itu dan kembali melakukan inovasi lewat buku yang ia tulis selama pandemic. “Sampe akhirnya gue lewatin fase itu dan mulai nulis buku.” ungkapnya.

Menurut Lukman Benjamin Mulia, CEO Creativox Media hal ini sangat wajar dialami oleh generasi Z selama pandemic. Mereka dituntut untuk berhenti sesaat dan tak bisa melakukan apapun.

“ Mereka itu generasi yang selalu melakukan perubahan, makanya ketika disuruh di rumah aja waktu itu jadinya panic dan cemas . Tapi ya lama-lama mereka pasti mikir dan melewati proses tadi hingga mulai menciptakan inovasi serta karya baru,” ujarnya.

Sama seperti halnya si Aci yang melewati proses itu hingga akhirnya bisa menulis bukunya. Selain itu juga selama pandemic banyak platform digital yang bisa digunakan untuk berkarya. Nah, dari situlah, mereka menggebrak inovasi baru, tambahnya.

Yasushi Itagaki, President Director PT Bank Danamon Indonesia Tbk mengatakan, lewat kerja sama Danamon dengan Grab Indonesia, pihaknya berharap nasabah milenial dan Gen-Z dapat mengejar aspirasi tanpa harus kehilangan kendali atas keuangan mereka.

"Kami percaya di saat mereka #PegangKendali hidup mereka, potensi mereka dapat terus berkembang. Ini merupakan visi kami di Danamon; membantu nasabah kami bertumbuh menjadi sejahtera," ujarnya selasa (2/11).

Neneng Goenadi selaku Country Managing Director Grab Indonesia, mengatakan bahwa kolaborasi dengan Danamon adalah langkah strategis yang tepat untuk membantu generasi muda untuk menjadi diri sendiri.

"Kami yakin bahwa kartu Danamon Grab ini dapat mewujudkan gaya hidup keseharian yang aman dan nyaman bagi kaum millennial dan Gen-Z yang digital savvy," ungkapnya.

Selain itu juga pada kesempatan itu Riko Abdurrahman, selaku Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia mengungkapkan bahwa keberadaan kartu kredit menjadi unsur sangat penting untuk mendukung misi cashless society dari Bank Indonesia dan pemerintah. Menurutnya, teknologi contactless yang tersemat di Kartu Kredit Danamon - Grab ini sudah menjadi tren pembayaran terkini di seluruh dunia.

“Melalui peluncuran Kartu Kredit Danamon-Grab ini, kami ingin menjadi katalis finansial bagi generasi muda untuk memegang kendali atas keuangan mereka sendiri,” ujar Lanny Hendra, selaku Consumer Business Head PT Bank Danamon Indonesia.

Fitur Utama dari Kartu Kredit Danamon-Grab adalah: Grab Voucher sebesar Rp25.000 setiap bulan dengan menukar D-Point; Kemampuan mengubah transaksi menjadi cicilan hingga 36 bulan; Auto upgrade status membership di aplikasi Grab menjadi Grab Platinum dan mendapatkan prioritas booking Grabcar; serta Penawaran-penawaran menarik dari berbagai merchant online dan offline sepanjang tahun.

Pemegang Kartu Kredit Danamon Grab juga akan mendapatkan Grab Voucher hingga Rp650.000 sebagai welcome offer hanya dengan memenuhi minimum transaksi yang dipersyaratkan.

Penulis: Icha
Editor: Nawasanga

Baca Juga