Nasional

Kasus Covid Meningkat, Kemensos Menyalurkan Bantuan Makanan Siap Saji ke Masyarakat

satunusantaranews, Jatim – Kebutuhan makanan harian bagi masyarakat tentunya sangat diperlukan untuk mendukung mereka yang tengah melakukan isolasi mandiri. Melihat kondisi ini, Kementerian Sosial RI mendirikan posko dapur umum (Dapum). Adapun Posko Dapur Umum (Dapum) tersebut ada di dua titik. Yaitu di DKI Jakarta dan Jawa Timur (Surabaya Raya antara lain Surabaya, Sidarjo dan Gresik). Sebagai lokasi titik posko dapum di Jawa Timur ditinjau langsung Rismaharini (13/07).

 

Dengan dibantu pilar-pilar sosial seperti TAGANA, Pendamping Sosial PKH, TKSK, Pordam dan Relawan Sosial lainnya, semuanya bergerak dan turut membantu tugas di Dapur Umum. Tujuan dari adanya dapur umum ini adalah untuk menyalurkan bantuan makanan bagi masyarakat yang sedang isolasi mandiri dan terdampak oleh adanya PPKM ini.

 

 

Sementara itu, perlu diketahui kasus Covid-19 saat ini terus meningkat, tercatat penambahan kasus baru per tanggal 13 Juli 2021 sebanyak 47.899 kasus menjadi 2.62 Juta Kasus. Jumlah kesembuhan sebanyak 20.123 orang menjadi 2.14 Juta orang yang telah sembuh.  Kasus meninggal dunia bertambah 864 dengan total kasus kematian 68.219 kasus.

 

Dengan meningkatnya  jumlah kasus positif covid-19 banyak masyarakat yang diharuskan melakukan isolasi mandiri. Hal ini disebabkan ketersediaan rumah sakit khusus covid-19 tidak dapat menampung jumlah pasien positif Covid-19.

 

 

Seiring pemberlakuan PPKM Darurat di Jawa dan Bali yang telah dimulai pada tanggal 3 Juli 2021 hingga 20 Juli 2021 mendatang banyak diantara masyarakat yang mulai kesulitan untuk mendapatkan akses kebutuhan pokok khususnya bagi mereka yang sedang dalam isolasi mandiri.

 

Bantuan sosial yang didapatkan masyarakat yang sedang isolasi mandiri saat ini pun belum merata. Bantuan-bantuan dari pemerintah pusat saat ini telah dicairkan melalui bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

 

 

Sementara itu, Bupati Gresik Gus Yani ikut terjun langsung untuk memantau tim Pendamping Sosial PKH dari Gresik yang turut diturunkan dalam membantu tugas TIM Dapum di Surabaya. Sejumlah 64 Pendamping Sosial PKH dilibatkan dalam kegiatan Dapum ini.

 

“Kedepannya kami akan terus mendukung kegiatan ini dengan melibatkan seluruh personil kami dari Kabupaten Gresik. Agar bantuan sosial permakanan bagi korban terdampak Covid-19 di Surabaya Raya dapat tersalurkan dengan baik, ” ujar Widodo sebagai Kordinator PKH Kabupaten Gresik.

 

Baca Juga: POLRI – FKDB Melaksanakan Sosialisasi PPKM Darurat di 20 Provinsi

 

Beberapa personil di Posko Dapum telah dibagi dalam beberapa tugas seperti Tim Koki, Tim Packing dan Tim Penyalur. Ribuan Makanan siap saji nantinya akan langsung dibagikan ke tiga Kabupaten terdampak di Surabaya Raya, yaitu Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Gresik. Dengan adanya dukungan dari Kementerian Sosial ini akan sangat berati bagi warga yang tengah mengalami isolasi mandiri

 

Leave a Comment
Share
Published by
Kahfi SNN