Nasional

Kehadiran ‘Cook Stove’ di Tengah Belantara Papua

satunusantaranews – Merauke. Bagi sebagian besar masyarakat Papua mencari kayu bakar dengan menebang serta membelahnya menjadi bagian-bagian yang kecil atau mengumpulkan ranting-ranting pohon kering adalah tugas rutin setiap hari untuk dapat menyalakan dapur dan mengusir rasa dingin ditengah hutan belantara Papua. Tidak semua masyarakat Papua mampu membeli bahan bakar minyak tanah untuk sekedar menyalakan pelita atau kompor, pada umumnya mereka lebih memilih kayu bakar.

Hal inilah yang membuat inspirasi PT. Papua Agro Lestari (PAL) bagian usaha dari Korindo Group Papua untuk dapat berkontribusi menyumbangkan ide dengan memperkenalkan kompor ramah lingkungan “Cook Stove” kepada masyarakat di Papua terutama di Kampung Guiz Rawa Kasat Distrik Ulilin Kabupaten Merauke Papua pada akhir Mei 2020 lalu.

Tidak sekedar itu saja perusahaan juga turut mengajarkan cara pemakaiannya kepada masyarakat penerima bantuan kompor ramah lingkungan ini. Sebagai langkah awal, PT PAL menyerahkan bantuan 5 unit Cook Stove kepada 5 perwakilan marga masyarakat yang tinggal di sekitar areal PT. PAL.

Bantuan ini disambut baik oleh masyarakat seperti Ricard Koula yang mewakili masyarakat sekitar. Ia menyampaikan terima kasihnya kepada perusahaan atas perhatian kepada masyarakat. Ia berharap semoga bantuan tersebut akan diberikan secara merata kepada masyarakat.

“Semoga bukan saya saja yang dapat kompor seperti ini, masyarakat yang lain juga pasti menginginkannya. Karena cook stove memang dirancang untuk hemat kayu, hemat bahan bakar, praktis dibawa kemana saja, aman dan dijamin sajian yang dihasilkan sama enaknya dengan kompor modern jaman sekarang,” ujar Ricard Koula.

“Pada saat ini kami akan memperkenalkan dan mendemonstrasikan cara pemakaian kompor ramah lingkungan ini kepada masyarakat, khususnya yang ada di areal kerja PT. PAL semoga dapat bermanfaat dalam meringankan beban perekonomian, aman dan menjaga hutan tetap lestari dengan tidak menebang pohon sembarangan”, ucap Manager Umum PT. PAL, Zozang Park di sela-sela obrolannya dengan masyarakat papua yang ikut menyaksikan kegiatan. (ray/foto ist)

Leave a Comment
Share
Published by
admin