Nasional

Kementerian Perdagangan Raih KPPU Award 2021 Kategori Persaingan Usaha Tingkat Pusat

satunusantaranews, Jakarta – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) memberikan penghargaan Peringkat Madya untuk kategori Persaingan Usaha Tingkat Pusat kepada Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dan diterima langsung oleh Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dalam acara Penganugerahan KPPU Award 2021 di Jakarta (14/12).

Muhammad Lutfi selaku Menteri Perdagangan mengapresiasi KPPU atas penghargaan yang diberikan kepada Kementerian Perdagangan tersebut.

“Kami berharap sinergi Kementerian dan Lembaga dalam meningkatkan persaingan usaha dapat terus mendorong pemulihan ekonomi Indonesia. Penghargaan menjadi motivasi bagi Kemendag dan semoga dapat menginspirasi berbagai pihak untuk mengupayakan yang terbaik,” ujar Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.

KPPU Award 2021 merupakan bentuk apresiasi kepada Kementerian dan Pemerintah Provinsi. Pada gelaran yang memasuki tahun kedua ini, mengangkat tema “Persaingan Usaha, Kemitraan, dan Pemulihan Ekonomi”.

Saat memberikan sambutan, Wapres Ma’ruf Amin berharap KPPU dapat terus fokus dalam menjalankan sebuah amanat. Pertama, mengatur kompetisi agar tetap dalam koridor hukum, etika bisnis, dan prinsip good corporate governance.

 

 

“Belakangan ini terdapat kecenderungan praktik korporasi yang bisa mengendurkan kompetisi yang sehat. Salah satunya, akuisisi yang dilakukan perusahaan besar level global. Bila langkah ini terus berlanjut dikhawatirkan tingkat penguasaan pasar semakin terkonsentrasi,” ucap Wapres.

Kedua, fokus dalam menginisiasi kolaborasi. Sinergi KPPU dengan Kementerian Lembaga perlu terus dibangun, utamanya untuk meningkatkan efektivitas pengawasan, harmonisasi kebijakan, dan mendukung pemulihan ekonomi nasional pascapandemi.

Ketiga, KPPU terus meningkatkan literasi persaingan usaha, terutama dalam mendorong kemitraan. Jika saat ini terdapat 9 persen UMKM yang menjalin kemitraan dengan usaha besar maka perlu upaya lebih keras agar target kemitraan tersebut mencapai 30-40 persen.

“Kemitraan penting untuk dikawal agar semakin banyak UMKM naik kelas, khususnya dalam alih keterampilan teknologi, produksi, pengolahan, pemasaran, permodalan, dan SDM,” tandas Wapres.

KPPU Award 2021 dibagi dalam dua kategori, yaitu Persaingan Usaha dan Kemitraan bagi 11 Kementerian dan 9 Pemerintah Provinsi yang memiliki kinerja terbaik dalam pelaksanaan kebijakan persaingan dan pelaksanaan kemitraan usaha mikro, kecil, dan menengah.

Leave a Comment
Share
Published by
Kahfi SNN