Hiburan

Kenalan Sama Buah Kenari Yuk, Buah Khas Maluku Utara

satunusantaranews, Jakarta – Hi … SNReaders siapa sih yang gatau kalau Indonesia adalah penghasil rempah-rempah? Nah, Maluku Utara adalah satu dari beberapa daerah terkenal di Indonesia sebagai penghasil rempah-rempah, seperti cengkeh dan pala. Namun di Maluku Utara, rupanya bukan hanya pala dan cengkeh saja yang populer. Ada satu komoditas lain yang juga melimpah namun belum populer di luar negeri … mau tauuu gak … yup benar … Kacang Kenari.

 

Tanaman dengan nama latin Canarium ini, tumbuh subur di Maluku Utara loh SNReaders. Bahkan, masyarakat Maluku Utara percaya, Kacang Kenari itu berawal dari tanah mereka.

 

Kacang Kenari hampir sama dengan almond. Badan Kacang Kenari memiliki alur yang tidak teratur, sekilas mirip otak manusia versi mini, yang diselimuti oleh cangkang (kulit) agak tebal.

 

Hampir semua wilayah di Maluku Utara yang terdiri dari kepulauan ini ditumbuhi kacang kenari loh, dan yang menjadi sentra adalah Pulau Makian, di Kabupaten Halmahera Selatan. Pulau seluas 55,5 kilometer persegi, dengan gunung api aktif di tengahnya, bisa ditumbuhi puluhan hingga ratusan ribu pohon kenari.

 

 

Dan kerennya, pohon-pohon itu diperkirakan sudah ada sejak era kolonial berkuasa. Sebagian besar masyarakat pulau dengan dua kecamatan dan 24 desa itu pun memilih menjadi petani Kenari.

 

Warga Pulau Makian akan memanen pohon kenari antara bulan Maret hingga Agustus. Terkadang tidak perlu memanjat pohonnya untuk memetik buahnya tetapi cukup menunggu kenari tua yang terjatuh ke tanah. Besar dan melimpahnya hasil kacang kenari di Pulau Makian telah membuatnya disebut sebagai Pulau Kenari dan nama ini lebih lazim dikenal oleh banyak orang.

 

Ya, bila kita mengenal Pulau Banda sebagai penghasil Pala maka Pulau Makian adalah penghasil Kacang Kenari Terbesar di negeri ini.

 

Saat ini penelitian terhadap manfaat mengonsumsi Kacang Kenari terus menyeruak dikemukakan peneliti kesehatan dan gizi. Beberapa yang penting adalah sangat baik untuk kesehatan jantung dan kesehatan otak. Bahkan, banyak yang menyebut bahwa kenari sebagai makanannya otak.

 

Tidak itu saja, dengan mengkonsumsi kacang kenari, secara alamiah maka seseorang juga telah melindungi tubuhnya dari pengaruh buruk polutan. Selain itu SNReaders, Kacang Kenari juga bisa menurunkan kolesterol jahat dan membantu kualitas tidur loh … Karena kandungan melatonin yang ada di dalamnya baik untuk menciptakan rasa kantuk. Waduh bagi yang suka begadang mending nyobain kenari deh.

 

Seorang peneliti bernama Prof Wendie Robbins dari Fielding School of Public Health dari UCLA baru-baru ini mengutarakan bahwa mengonsumsi kacang kenari setiap hari akan membantu perbaikan signifikan kesehatan vitalitas dan sperma laki-laki … ups …

Leave a Comment
Share
Published by
Kahfi SNN