Hiburan

Kenalan Sama Cowok Ganteng Andalan Timnas AFF 2020, Pratama Arhan Kuy!

satunusantaranews, Jakarta- Bek kiri timnas Indonesia, Pratama Arhan, menjadi salah satu pemain muda yang bersinar hingga dianugerahi penghargaan pemain muda terbaik Piala AFF 2020. Bahkan penghargaan itu nampaknya memang layak diberikan kepada Pratama Arhan yang sukses mencuri perhatian publik selama mengawal sektor kiri timnas Indonesia.
Selama turnamen Piala AFF 2020 berlangsung, pemain asal klub PSIS Semarang itu telah mencatatkan enam kali penampilan untuk skuad Garuda. Dari seluruh aksinya tersebut, tercatat sudah dua gol serta tiga assist yang ia sumbangkan untuk tim asuhan Shin Tae-yong. Jika melihat kiprahnya di Piala AFF 2020, tak berlebihan jika menyebut Pratama Arhan sebagai salah satu pemain andalan timnas Indonesia di masa mendatang.

Bahkan kabarnya kini ia sudah menjadi incaran beberapa klub luar negri melihat performanya yang menawan. Waduh padahal pria berprestasi ini baru memasuki umur kepala dua lho.. bangga banget gak sih?

 

 

Bukan hanya klub luar negri nampaknya yang terpikat oleh pesona lelaki satu ini, bahkan ughtea-ughtea tanah air mendadak jatuh cinta olahraga bola satu ini akibat Pratama Arhan.. yaa siapa sih yang enggak hehehe..

Eits, tapi kayaknya gak afdol kalau gak kenalan lebih jauh sama pemain timnas satu ini ya gak sih? Pratama Arhan ialah pria kelahiran Desa Sidomulyo, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora, Jawa Tengah pada tanggal 21 Desember 2001.

Memulai perjalanan sebagai pemain sepak bola pada tahun 2012. Saat itu ia tengah berlatih bersama Sekolah Sepak Bola (SSB) Putra Mustika. Setelah tiga tahun menimba ilmu di sana, Arhan kemudian bergabung dengan salah satu SSB terbaik di Semarang, yakni SSB Terang Bangsa.

Pada saat itu ternyata bakatnya terpantau oleh radar PSIS Semarang yang tengah menyusun tim Elite Pro Academy (EPA) U-18. Pas mengijak tahun 2018, dirinya bergabung dengan PSIS U-18 yang sukses menjadi runner-up EPA Liga 1 U-18 2018. Kemudian, Arhan sempat promosi ke tim PSIS U-20 pada tahun 2019 dan sejak saat itu kariernya terus melesat hingga level tim nasional.

Potensi besar Pratama Arhan tercium oleh Shin Tae-yong yang saat itu tengah mempersiapkan tim terbaik untuk tampil di ajang Piala Dunia U-20 2021.Pratama Arhan menjadi salah satu nama pemain yang sering dipasang Shin Tae-yong saat timnas U-19 Indonesia menjalani pemusatan latihan di Kroasia.

Saat itu, dirinya tengah mencatatkan debut bersama timnas U-19 ketika berjumpa Bulgaria U-19 pada laga uji coba yang berlangsung pada 5 September 2020.Pemain asal PSIS Semarang ini juga mendapat kepercayaan sebagai kapten tim. Selama berada di Kroasia, ia juga sering menyandang status sebagai kapten timnas U-19 Indonesia. Setelah merampungkan TC di Kroasia dan kembali ke Indonesia, Pratama Arhan langsung mendapatkan kontrak profesional dari PSIS Semarang.

 

 

Debutnya di level profesional tercipta ketika skuad Mahesa Jenar tampil di turnamen pramusim Piala Menpora 2021. Selama turnamen tersebut, pemain berusia 20 tahun ini sukses mencatatkan empat penampilannya. Selain itu, ada dua gol dan satu assist yang disumbangkan untuk PSIS.

Performa impresifnya bersama PSIS di Piala Menpora 2021 itu berbuah manis. Pratama Arhan menyabet gelar sebagai Pemain Muda Terbaik Piala Menpora 2021. Meskipun usianya saat itu baru menginjak 19 tahun, tetapi kepercayaan pelatih Shin Tae-yong kepada Pratama Arhan tak pernah memudar.

Sebab, pelatih asal Korea Selatan itu langsung memberikan kesempatan debut untuk Arhan saat timnas Indonesia menghadapi Oman pada laga uji coba. Dalam pertandingan yang berlangsung pada 19 Mei 2021 itu, Arhan bermain penuh selama 90 menit untuk mengawal sektor pertahanan timnas Indonesia.

Baca Juga: Gagal Juara Piala AFF 2020, STY Ciptakan Optimisme Baru Sepak Bola Indonesia

Sayangnya, skuad Garuda saat itu harus mengakui keunggulan lawan setelah tumbang dengan skor 1-3. Sejak saat itu, Arhan selalu dipercaya untuk mengawal pertahanan kiri skuad Garuda.

Selama ini karirnya, ditambah aksinya di Piala AFF 2020, Arhan sudah mencatatkan 14 penampilan bersama timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong di berbagai ajang. Selain bersama kedua kelompok usia tersebut, Shin Tae-yong juga masih mempercayakan posisi bek kiri kepada Arhan di skuad timnas U-23 Indonesia.

Leave a Comment
Share
Published by
Kahfi SNN