KONSER MONAS KE III AKAN SUGUHKAN MUSIK KLASIK BUAT MASYARAKAT

Satunusantaranews–Jakarta, Aula Simponia Jakarta kembali akan menggelar Konser Akbar Monas. Konser berupa perayaan musik klasik ini akan digelar di Silang Tenggara Monasf (Monumen Nasional) pada Minggu (15/10), mulai pukul 18.30. Ini acara tahunan yang diselenggarakan Aula Simponia Jakarta dan tidak dipungut bayaran alias gratis.

Dalam konferensi pers yang berlangsung di gedung Aula Simponia Jakarta, Kamis (12/10) siang, diungkap Konser Akbar Monas akan menampilkan beberapa musik klasik paling terkenal dan abadi dari Beethoven, Tchaikovsky dan Mozart.

Tak hanya itu, lebih dari 100 orang penyanyi dan 60 pemain musik dari berbagai penjuru kota di Indonesia akan berpadu di bawah arahan Dr Stephen Tong sebagai konduktor.

"Melalui musik, kami menjawab panggilan sebagai bangsa yang besar dengan budaya berlimpah, bersatu dalam keberagaman, dan mendorong kreativitas serta kemanusiaan," kata Dr Tong.

Dia menambahkan, musik seringkali dipahami sebagai salah satu bentuk hiburan, membentuk suasana hati atau pengisi waktu luang.

"Kami percaya musik bukan sekadar sumber pengalih perhatian, melainkan sebuah jendela untuk melihat tatanan ciptaan yang indah, serta sebagai salah satu cara untuk mengasah jiwa mengerti keindahan dan integritas," jelasnya.

Sejak diluncurkan pada 2019, ungkap Dr Tong, Konser Akbar Monas telah menyatukan masyarakat kepada tujuan itu. Tidak kurang 100 ribu orang sudah berpartisipasi dalam pengalaman bermusik dan kebersamaan yang unik ini.

"Tahun ini menjadi tahun istimewa karena bertepatan dengan perayaan 14 tahun musik klasik di Aula Simfonia Jakarta. Aula Simfonia Jakarta dengan bangga telah menjadi tuan rumah bagi banyak talenta musik terbaik Indonesia, seperti Jakarta Simfonia Orchestra dan Jakarta Oratorio Society yang akan tampil di acara ini,” kata Stephen Tong.

Ketua Panitia Konser Akbar Monas 2023, Wijaya Subekti, menambahkan, acara yang mengusung hastag “Musik Untuk Indonesia” dan “Bersatu Dalam Musik” ini terbuka bagi semua warga dan tidak dipungut biaya.

"Acara terbuka bagi setiap pengunjung, warga Jakarta yang ingin menikmati konser dengan alunan musik klasik di tengah ibu kota. Gratis dan tidak dipungut biaya. Bisa dinikmati oleh penonton di segala usia,” ujarnya

Ia mengatakan, masyarakat dapat menikmati hajatan musik tersebut karena panitia sudah mempersiapkan tim keamanan dan tim medis beserta fasilitas pendukung di lokasi acara. Tidak hanya didatangi masyarakat, konser tersebut turut mengundang sejumlah tamu VIP dari Kedutaan Besar Eropa, Australia, Amerika Serikat, beserta negara-negara sahabat di lingkungan ASEAN.

Penulis:

Baca Juga