Ekonomi Bisnis

Korindo Wujudkan Program Pembiayaan dan Pendampingan Komunitas Peduli Yatim dan Dhuafa

satunusantaranews, BekasiKorindo Group melalui Yayasan Korindo terus berupaya mewujudkan kemandirian ekonomi kepada masyarakat luas. Dengan mengimplementasikan program pembiayaan dan pendampingan terhadap Komunitas Peduli Yatim dan Dhuafa di Desa Waluya, Cikarang Utara, Bekasi. Dan dukungan terhadap Komunitas Peduli Yatim dan Dhuafa diberikan melalui Program Kemitraan Yayasan Korindo bertemakan Korindo Green Sponsorship 2021.

 

Dalam program ini, Yayasan Korindo memberikan dana bantuan pendampingan senilai maksimal Rp 30 juta untuk dua organisasi terpilih selama dua tahun. Komunitas Peduli Yatim dan Dhuafa pun terpilih menjadi salah satu penerima bantuan pembiayaan dan pendampingan.

 

Komunitas yang dipimpin Sulastyo Aji ini ingin menghadirkan suatu bisnis usaha di bidang pertanian dan peternakan ikan, di mana sebagian hasilnya akan didonasikan kepada anak yatim dan dhuafa. Karena selama ini, kegiatan donasi sangat tergantung dari donatur.

 

 

“Dengan adanya bisnis unit baru, diharapkan kegiatan santunan tidak bergantung pada donatur yang ada,” tutur Sulastyo saat dikunjungi Yayasan Korindo ke Desa Waluya (30/8).

 

Selain memberikan santunan kepada anak yatim dan dhuafa, hasil usaha pertanian dan peternakan ikan juga akan dimanfaatkan untuk menambah kesejahteraan warga sekitar.

 

Sulastyo berharap, kegiatan urban farming ini dapat membantu meningkatkan ketahanan pangan sekaligus menambah pendapatan rumah tangga masyarakat setempat, terutama di masa pembatasan aktivitas akibat pandemi Covid-19.

 

Baca Juga: Korindo Bantu Atasi Kelangkaan Oksigen di Kotawaringin Barat

 

Sebelumnya, selama 1,5 tahun terakhir, Komunitas Peduli Yatim dan Dhuafa sudah mencoba usaha peternakan kambing. Untuk memperluas skala usaha, komunitas memutuskan untuk mengembangkan usaha pada bidang pertanian dan peternakan ikan dengan memanfaatkan lahan sisa fasilitas umum (fasum) di Desa Waluya yang tidak dimanfaatkan. Saat ini, beberapa sarana sudah dibangun, termasuk instalasi kolam. Ratusan bibit ikan lele juga sudah ditebarkan bersama dengan pakannya.

 

Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan dana yang sudah disalurkan Yayasan Korindo melalui Korindo Green Sponsorship 2021. Sulastyo menyampaikan apresiasinya yang mendalam terhadap program pendampingan dan pembiayaan Yayasan Korindo.

 

“Semoga program serupa bisa dilakukan kembali di kemudian hari, sehingga semakin banyak orang yang akan terbantu,” katanya.

 

Korindo Green Sponsorship 2021 merupakan program terbaru Yayasan Korindo dengan tujuan mendukung perkembangan komunitas, termasuk UMKM. Program ini melibatkan komunitas di wilayah Jabodetabek dan tidak hanya terfokus di lingkungan Kecamatan Pancoran, seperti yang kerap dilakukan dalam program Yayasan Korindo selama empat tahun terakhir.

 

 

Selain Komunitas Peduli Yatim dan Dhuafa, satu organisasi lainnya yang terpilih mendapatkan manfaat Korindo Green Sponsorship 2021 adalah Kajang Mandiri Sejahtera. Komunitas ini ingin membantu perekonomian masyarakat Desa Rawarengas, Kosambi, Tangerang, melalui peternakan lele. Yayasan Korindo sudah berkunjung ke lokasi untuk melepas 500 bibit lele (16/8).

 

Manager Yayasan Korindo Setiyono menyebutkan, seperti program tanggung jawab sosial Korindo Group lainnya, Korindo Green Sponsorship 2021 mengedepankan prinsip keberlanjutan.

 

“Komitmen ini juga sesuai dengan nilai Corporate Social Contribution (CSC). Program CSC tidak hanya bersifat seremonial, melainkan memikirkan dampak jangka panjangnya terhadap masyarakat maupun lingkungan,” tuturnya.

 

Seperti diketahui, Yayasan Korindo rutin menjalankan beberapa program kemitraan. Di antaranya, budidaya hidroponik dan akuaponik di pinggiran Sungai Ciliwung yang menggandeng kelompok tani di Pengadegan, Jakarta.

 

Leave a Comment
Share
Published by
Kahfi SNN