Libur Akhir Tahun Gak Bisa Kemana-mana? Cek Yuk Tips Ampuh Usir Bosan dan Tetep Seru Ini

Libur Akhir Tahun Gak Bisa Kemana-mana? Cek Yuk Tips Ampuh Usir Bosan dan Tetep Seru Ini
Libur Akhir Tahun Gak Bisa Kemana-mana? Cek Yuk Tips Ampuh Usir Bosan dan Tetep Seru Ini

satunusantaranews, Jakarta - Libur tlah tiba, libur tlah tiba horee… Eh, malah nyanyi minca. Ayo siapa yang sudah tidak sabar dengan liburan akhir tahun 2021 kali ini? Tapi kalian sendiri tahu gak sih kalau libur akhir tahun ini ternyata ditiadakan? Karena pemerintah sejak bulan Juni 2021 telah mengumumkan bahwa cuti bersama Natal 2021 pada 24 Desember ditiadakan.

Hal ini tentu saja sebab pandemi Covid-19 belum berakhir. Peniadaan hari cuti bersama Natal 2021 diharapkan bisa mengurangi mobilitas masyarakat saat akhir tahun sehingga dapat menekan risiko gelombang Covid-19 selanjutnya.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, kebijakan tersebut bertujuan untuk menekan mobilitas masyarakat yang besar menjelang akhir tahun.

"Kita upayakan menekan sedikit mungkin yang akan bepergian. Dan ini sudah diberi pagar-pagar pembatasan. Mulai dari tidak adanya libur cuti bersama. Kemudian pelarangan mereka untuk mengambil cuti akan kita lakukan," ujarnya.

Hal itu dilakukan untuk mencegah meningkatnya penularan Covid-19 di masa akhir tahun. Oleh karena itu, selain peniadaan cuti bersama Natal, pemerintah juga memberlakukan larangan bagi aparatur sipil negara (ASN) untuk mengambil cuti dengan memanfaatkan libur nasional. Aturan ini ditetapkan melalui Surat Edaran Menteri PAN-RB Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pembatasan Kegiatan Berpergian ke Luar Daerah dan/atau Cuti bagi ASN Selama Hari Libur Nasional Tahun 2021.

Yah, sedih dong gabisa kemana-mana? Tapi tenang aja minca akan memberikan tips ampuh dalam menghadapi kebosanan selama libur akhir tahun walau hanya dirumah saja! Simak beberapa tips ini yuuukkk..

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan sesuatu, ada baiknya jika kalian membuat planning terlebih dahulu. Menggunakan kertas atau sticky note bekas lalu kalian tulis apa saja jadwal atau hal yang ingin kalian lakukan. Karena mungkin kita masih akan di rumah saja beberapa waktu ke depan, tak ada salahnya menyusun jadwal aktivitas setiap hari. Untuk Anda dan keluarga kalian. Setelah melakukan hal ini pastikan tidak ada satupun yang terlewatkan yaaa..

Nah, jika dirumah saja pasti membuat kalian berpikir keras soal makanan, kan? Apa ya menu makan hari ini? Apa cemilan buat menghabiskan waktu bersama? Agar tak capek sendiri, kalian bisa mengajak si kecil atau pasangan kalian untuk masak bersama lhoo…. Buatlah makanan yang disukai seluruh anggota keluarga.

Stok saja bahan-bahan yang memudahkan, seperti pizza base siap pakai sehingga kalian hanya mempersiapkan topping-nya dan biarkan si kecil berkreasi membuat topping pizza. Atau bisa juga loh, mempersiapkan frozen donut. Anda tinggal menggorengnya, dan kemudian si kecil bisa menghiasnya dengan sesuka hati. Kegiatan seperti ini sederhana, tetapi pasti akan menyenangkan!

Bermain games atau permainan yang bisa kalian mainkan bersama seluruh anggota keluarga juga ampuh untuk menghabiskan waktu bersama lhooo misalnya, permainan monopoli, ular tangga, scrabble, puzzle, dan lain-lain.
Nah, untuk membuat suasana menjadi lebih seru, carilah “hukuman” yang seru untuk mereka yang kalah. Tujuannya hanya untuk having fun. Misalnya, yang kalah wajahnya akan diberi bedak tebal, atau dicoret dengan spidol face painting, dan lain-lain. Selain seru, permainan ini juga akan mempererat ikatan dan meningkatkan quality time kalian bersama keluarga.

Selanjutnya ialah bebersih bersama-sama! Selain membuat tempat yang kalian tumpangi menjadi lebih bersih lagi, hal ini bisa dijadikan sarana bermain yang seru loh? Gak percaya? Salah satunya jika kalian membersihkan halaman dan mengumpulkan daun yang jatuh. Daun-daun kering ini bisa kalian kreasikan menjadi hiasan yang ditempel di kertas. Biarkan anak-anak berkreasi. Atau, ajak anak-anak menggambar dan membuat kartu edukasi tentang virus corona. Tentunya, aktivitas ini butuh arahan dari Anda. Lakukan bersama-sama.

Nah! Kegiatan terakhir mungkin beberapa kalian tidak tahu bahwa ternyata meski didalam rumah saja, kalian dapat melakukan perjalanan lhoo.. atau biasa disebut dengan virtual travelling. Sejak wabah virus corona merebak dan semua orang diminta di rumah saja, tempat-tempat wisata termasuk museum menutup akses pengunjung. Meski demikian, pengelola museum membuka akses kunjungan secara virtual. Museum-museum Indonesia dan dunia bisa kalian jelajahi melalui ponsel atau laptop.

Sebagai referensi, berikut link beberapa museum di dunia yang bisa kalian kunjungi secara virtual:
• National Gallery of Art, Washington DC, AS
• National Museum of Natural History
• Louvre Museum, Paris
• Van Gogh Museum, Amsterdam
• Guggenheim Museum, New York

Tak hanya dunia, kalian juga bisa melihat koleksi museum-museum Indonesia secara digital. Mana saja? Ini beberapa di antaranya:
• Museum Nasional Indonesia
• Museum Kepresidenan Balai Kirti
• Museum Benteng Vredeburg
• Galeri Nasional

Anak-anak pasti suka diajak bertualang melihat koleksi-koleksi museum secara virtual. Gimana? Meski kita disuruh untuk tidak berpergian akhir tahun ini kita masih bisa kok seru-seruan bareng.

Penulis: Icha
Editor: Maztjoek

Baca Juga