Hiburan

Mau Wajah Tampak Awet Muda? Sunscreen Bisa Jadi Solusi

satunusantaranews, Jakarta – Merawat wajah adalah hal yang wajib dilakukan bagi siapapun tanpa mengenal gender. Baik perempuan atau laki-laki berhak untuk merawat wajahnya dengan menggunakan produk-produk perawatan kulit wajah atau skin care. Penggunaan skin care tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan basic skin care.

Sunscreen atau tabir surya merupakan salah satu dari basic skin care selain facial wash, toner dan moisturizer. Sunscreen tersebut berperan menjaga kulit dari bahaya sinar UVA dan UVB dari matahari. Meski kedua sinar tersebut sama sama berbahaya untuk kulit, sinar UVA dapat menyebabkan dampak kerusakan kulit yang lebih parah karena dapat menembus bagian terdalam dari kulit kita.

Selain menjaga kulit dari bahaya sinar UV yang dapat merusak kulit, sunscreen juga dapat mengurangi risiko terkena kanker kulit yang juga disebabkan oleh paparan sinar UV yang berlebih. Kulit dapat memproduksi melanin jika terkena radiasi dari UV yang dihasilkan oleh matahari, sehingga jika semakin banyak memproduksi melanin, semakin gelap warna kulit karena rusak akibat terbakar yang menyebabkan sel pada permukaan paling atas kulit menjadi tidak terkontrol.

 

 

Sunscreen juga dapat mencegah penuaan dini loh, SNNears. Sunscreen tersebut berperan dengan cara menyaring sinar UV yang dihasilkan oleh matahari. Sinar UV yang dihasilkan matahari memang sangat berbahaya bagi kulit. Jika tidak melindungi kita secara benar, sinar UV tersebut akan menyebabkan bebagai kerusakaan seperti penuaan dini, kulit wajah yang keriput, kendur, serta bintik hitam.

Namun perlu diketahui, ya SNNears bahwa sunscreen dikategorikan menjadi 2 jenis, diantaranya adalah sunscreen physical dan sunscreen chemical. Perbedaannya dari keduanya adalah terletak pada cara kerjanya. Sunscreen physical bekerja dengan cara membuat lapisan pada permukaan kulit sehingga mampu menghalangi sinar UV agar tidak dapat menembus bagian terdalam kulit. Sedangkan sunscreen chemical bekerja dengan cara membuat suatu lapisan pada permukaan kulit yang berfungsi menyerap energi dari radiasi UV, sehingga tidak sampai menyerap kebagian kulit terdalam.

SNNears, jika tidak mau mengalami kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar UV yang dihasilkan matahari, alangkah baiknya menggunakan produk sunscreen sesudah menggunakan basic skin care lainnya seperti facial wash, toner, dan moisturizer. Sunscreen ini memproteksi kulit kita dari paparan sinar matahari yang sangat berbahaya. Seperti itulah pentingnya menggunakan sunscreen atau tabir surya sebelum melakukan aktivitas didalam ataupun diluar ruangan. Perlu diingat, kandungan SPF yang efektif untuk kulit wajah minimal SPF 30 dan penggunaan sunscreen tersebut dapat dilakukan saat pagi hari sebelum melakukan aktivitas dan re-apply kurang lebih 2-3 jam sekali guna memproteksi kulit dengan baik.

Leave a Comment
Share
Published by
Kahfi SNN