Mbaru Niang Desa Terpencil Nan Misterius di Manggaraim

satunusantaranews, NTT - Mengunjungi Desa Adat Wae Rebo, sebuah desa terpencil nan misterius di Kabupatén Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Salah satu desa tertinggi di Indonesia (1200 mdpl) , hanya ada 7 rumah utama yang disebut Mbaru Niang.

Mbaru Niang Desa Terpencil Nan Misterius di Manggarai
Desa Mbaru Niang

Sudah ada sejak tahun 1920, beberapa kali direnovasi. Tahun 2012 mendapatkan penghargaan UNESCO Asia Pacific for Cultural Heritage Conservation. Tahun 2013 masuk nominasi 20 besar penghargaan Aga Khan Award for Architecture.

Mbaru Niang Desa Terpencil Nan Misterius di Manggarai

Misterius, bagaimana sebuah komunitas terbatas memilih tempat yang sangat terpencil seperti itu untuk tinggal, dan salut kepada mereka yang memilih melestarikan kehidupan di desa itu.

Mbaru Niang Desa Terpencil Nan Misterius di Manggarai

Yang juga mengejutkan menurut legenda masyarakatnya nenek moyang mereka berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat. Konon sudah ada 18 generasi, yang berarti mereka mulai pindah ke kawasan Manggarai ini sekitar 1000 tahun yang lalu.

Penuh perjuangan untuk mencapainya, dimulai dengan  3 jam perjalanan darat dengan mobil dari Labuan Bajo, 10 menit naik ojek ke pos masuk dan 3 jam jalan kaki mendaki gunung dengan jalan sempit dan licin dan cuaca tidak menentu.

Penulis: Sri Abdini
Editor: Bambang
Sumber: Hidayt Budi Pramono

Baca Juga