Categories: Pariwisata

Melestarikan Budaya Betawi di Taman Benyamin Suaeb

satunusantaranews, Jakarta – Taman Benyamin Suaeb menjadi salah satu pilihan destinasi wisata budaya Jakarta yang dapat dikunjungi saat pandemi. Taman yang berisi tentang peninggalan tokoh seniman Betawi Benyamin Suaeb ini terletak di Jalan Jatinegara Timur, Kelurahan Rawa Bunga, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur.

 

Taman yang dahulunya adalah gedung eks Kodim 0505 Jatinegara ini disulap oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI menjadi Taman Benyamin Suaeb. Tempat ini direvitalisasi untuk menjadi wadah masyarakat untuk mengembangkan dan mengeksplorasi kebudayaan Betawi.

Melestarikan Budaya Betawi 

Di dalam taman ini, terdapat galeri mini “Benyamin Suaeb” yang berisi berbagai benda peninggalan seniman Betawi tersebut.

Peninggalan Budaya Betawi 

Terdapat berbagai kostum yang pernah digunakan pada pertunjukan atau film yang dia perankan, sepatu, kaset rekaman kesukaannya, piringan hitam, piala, sertifikat dan piagam, serta berbagai foto fotonya.

 

Di dalam bangunan ini juga ada beberapa ruangan, seperti ruangan rapat, dan ruang tunggu untuk para pejabat yang berkunjung.

 

Di belakang gedung utama, terdapat beberapa bangunan, seperti Rumah betawi, dan Gedung Gallery yang sekarang menjadi Kantor Bamus Betawi (Badan Musyawarah), serta halaman yang cukup luas untuk bersantai yang dilengkapi dengan beberapa gazebo dan air mancur.

 

Taman Benyamin Suaeb juga menyediakan fasilitas umum, seperti toilet bersih, musala dan lahan parkir basement.

Taman Benyamin Suaeb 

Wisata budaya ini berbeda dengan destinasi lainnya, karena tidak dipungut biaya tiket masuk bagi para pengunjung alias gratis. Taman Benyamin Suaeb dibuka setiap hari termasuk akhir pekan, mulai dari pukul 09.00 – 16.00 WIB.

 

Taman ini mudah dijangkau dengan kendaraan umum. Bagi pengunjung luar Jakarta dapat menggunakan transportasi KRL (Kereta Rel Listrik) jurusan Jatinegara, sedangkan bagi warga Jakarta, dapat menggunakan bus TransJakarta dan turun di halte Stasiun Jatinegara. Jika ingin lebih mudah dapat menggunakan kendaraan pribadi atau taksi daring.

 

Selama pandemi COVID-19 saat ini, Taman Benyamin Suaeb tetap beroperasional dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Leave a Comment
Share
Published by
Dini SNN