Categories: Hiburan

Membangun Kebiasaan Bangun Pagi, Jadi Resolusi 2021!

satunusantaranews, Jakarta – Bagi beberapa orang bangun pagi bukan kebiasaan yang mudah. Padahal bangun pagi memiliki banyak manfaat. Nah, Oleh karena itu banyak yang memilih bangun pagi menjadi salah satu target dalam resolusi tahun baru.

 

Jika Anda salah satunya, yuk wujudkan resolusi bangun pagi, dengan ikuti beberapa hal di bawah ini:

 

Pertama, Ciptakan Alasan Yang Memotivasi. Menumbuhkan kebiasaan baru jelas akan sulit. Kegagalannya pun memiliki kemungkinan besar. Karena itu, Anda harus menciptakan alasan yang memotivasi diri terutama untuk membangun kebiasaan baru ini.

 

Misalnya memahami alasan mengapa Anda ingin bangun pagi? Supaya menjadi lebih produktif atau ingin rutin berolahraga.

“Pastikan Anda memiliki motivasi rasional untuk mendorong tubuh beranjak dari Kasur dan beraktivitas,” kata Dianne M Augelli, Spesialis tidur.

 

Kedua, Anda butuh Konsisten untuk lakukan aktivitas baru tersebut. Demi bangun pagi, bukan berarti Anda harus memaksakan tidur lebih awal.

 

Cukup dengan melakukan rutinitas relaksasi sebelum tidur dan bangun tidur memang terasa lelah. Namun tubuh secara perlahan akan mulai terbiasa dengan jam tidur dan jam bangun pagi.

 

Jika ingin menetapkan kebiasaan bangun pagi, maka perlu konsisten melakukan selama 7 hari berturut-turut.

 

Ketiga, Perhatikan Jam Makan Malam. Jadwalkan jam makan malam beberapa jam sebelum tidur. Jam makan malam yang terlalu dekat dengan jam tidur akan menganggu tidur Anda.

 

Perhatikan juga jenis makanan atau minuman yang dikonsumsi. Hindari konsumsi kafein, karena kandungan tersebut akan membuat Anda sulit tidur. Kafein bisa bertahan di tubuh selama 8 jam.

 

Keempat, lakukan secara bertahap dan perlahan-lahan. Membangun kebiasaan bangun pagi tidak perlu terburu-buru. Dengan bangun 15-30 menit lebih awal, Anda dapat melakukan kegiatan lain terlebih dahulu sebelum beraktifitas rutin seperti olahraga sederhana, atau membuat sarapan.

Apapun itu, Anda sudah selangkah lebih sehat dari hari kemarin. Pertahankan dan terus tingkatkan.

Leave a Comment
Share
Published by
Dini SNN