Menteri KKP Bantu Petani Keramba Danau Maninjau

satunusantaranews, Agam - Anggota Komite II DPD RI Hj. Emma Yohanna sambut baik upaya Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) RI Wahyu Sakti Trenggono untuk membantu petani Keramba Jaring Apung (KJA) Danau Maninjau yang berlokasi di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Demikian ujar Emma Yohanna ketika mendampingi Menteri Wahyu Trenggono saat kunjungan kerja ke Kabupaten Agam (3/6).

Kementerian KKP tengah memberikan solusi untuk memindahkan atau mengalihkan usaha petani Keramba yang berada disekitar danau maninjau ke daratan dengan kolam-kolam yang lahannya disediakan Pemerintah Kabupaten Agam.

Senator asal Provinsi Sumatera Barat itu mengatakan bahwa DPD RI berkomitmen untuk memberikan solusi terhadap persoalan danau di Indonesia yang terancam kelestariannya. Bahkan 5 tahun yang lalu, DPD RI menjadi sponsor pertemuan bupati dan walikota yang daerahnya memiliki danau.

Para bupati dan walikota itu, termasuk Kabupaten Agam berharap agar DPD RI mampu mendorong pemerintah untuk menciptakan sistem pengelolaan danau yang lebih baik di Indonesia. Karena danau memberikan manfaat penting bagi daerah , seperti pariwisata, ketahanan pangan, irigasi ataupun perikanan.

Oleh karenanya, hal tersebut sangat diapresiasi atas kesanggupan menteri menyediakan bantuan dan menyediakan bibit atau benih untuk petani keramba dan nelayan. Ini perlu kita dorong agar Pemkab Agam menyediakan lahan, danau terpelihara dengan baik, perekonomian nelayan bisa meningkat, ucapnya.

Diharapkan pula agar setiap kepala daerah yang memiliki danau memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai kondisi danau , karena banyak masyarakat yang belum memahami kondisi dan situasi danau termasuk potensi kerusakan dan akibatnya bagi masyarakat. DPD RI pun terus mendorong revitalisasi danau maninjau cepat terealisasi, berkoordinasi dengan pemprov Sumbar dan pemerintah Kabupaten Agam, memang prosesnya sangat panjang, tutupnya.

Penulis: Sriabdini
Editor: Bambang P

Baca Juga