Opini

Musamus, Tempat Tinggal Raksasa Rayap Kokoh dan Kuat

satunusantaranews, Merauke – Rumah adalah tempat tinggal yang aman dan nyaman. Tentunya sebuah rumah harus dibangun dengan fondasi yang kuat untuk melindungi penghuni di dalamnya dari ancaman luar.

 

Bila dibayangkan, serangga pasti sarangnya berukuran kecil sesuai ukuran tubuhnya. Namun, tidak dengan hewan sejenis rayap Macrotermes sp. Mereka memiliki “istana” yang kokoh dan kuat sebagai tempat tinggal koloni atau biasa disebut dengan Musamus.

 

 

Musamus terbentuk dari dasar rumput kering, tanah, dan air liur rayap pembuatnya. Di bagian dalamnya akan menemukan ruangan yang berlorong-lorong, berfungsi sebagai rongga ventilasi yang menjaga kestabilan suhu agar tetap hangat.

 

Baca Juga: Objek Wisata Dibuka, Ancaman Covid-19 Makin Meluas

 

Musamus memiliki tinggi yang bervariasi yang berdiri di atas permukaan tanah. Tekstur permukaannya berlekuk-lekuk dan berwarna coklat kemerahan seperti warna tanah tempatnya berada.

 

 

Di wilayah Indonesia, Musamus hanya ada di wilayah Merauke, Papua. Di Taman Nasional Wasur, sepanjang jalan TransPapua – Sota, pengunjung akan disuguhkan dengan kemegahan rumah rayap tersebut. Bahkan terdapat sebuah padang savana yang berisi ratusan Musamus di atasnya. Tentunya menjadi pemandangan alami yang indah.

 

Leave a Comment
Share
Published by
Kahfi SNN