Peristiwa

Operasi Lilin 2021-2022: Berikan Rasa Aman Nyaman di Akhir Tahun

satunusantaranews, Jakarta – Polda Metro Jaya Apel Operasi Lilin 2021-2022 kita tingkatkan sinergi Polri dengan instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman rasa nyaman pada perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 tentunya itu semua dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan (23/12).

Gubernur DKI menegaskan Natal dan Tahun Baru sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat Indonesia untuk melaksanakan kegiatan ibadah berkumpul dan bersukacita bersama dengan keluarga serta merayakan pergantian tahun di berbagai lokasi.

Hal ini tentunya akan meningkatkan mobilitas dan aktivitas masyarakat sehingga berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas dan penyebaran pandemi covid 19. Berdasarkan data Kementerian Perhubungan diprediksi sekitar 11 juta masyarakat akan melaksanakan mobilitas selama periode bulan malam pergantian Natal Tahun Baru ini, ujar Aneis Baswedan Gubernur DKI Jakarta (23/12).

Peningkatan mobilitas masyarakat menyebabkan penambahan kasus konfirmasi sebesar 125% yaitu 6437 kasus per hari pada tanggal 26 Desember menjadi 14518 kasus per hari pada tanggal 30 Januari 2021 lonjakan kasus covid-19 pada Nataru perlu kita jadikan pelajaran dalam rangka menghadapi Natal tahun 2022, lanjutnya di Mapolda Metro Jaya.

Harapan Gubernur pada pelaksanaan Natal tahun ini kita perlu lebih berhati-hati khususnya dalam mengantisipasi penyebaran varian covid 19 jenis B11529 yang biasa disebut omicron yang mengakibatkan lonjakan kasus di beberapa negara.

Omicron memiliki kecepatan penyebaran 5 kali lebih cepat daripada varian delta dan ini sudah ditemukan di 103 negara dengan total 105.000 kasus termasuk di Indonesia saat ini ada sebanyak 5 orang yang telah teridentifikasi tertular omicron.

Dalam keterangan pers, Presiden Joko Widodo terkait masuknya varian omicron ke Indonesia, beliau mengingatkan sekarang yang harus kita lakukan adalah bersama-sama berupaya sekuat tenaga agar varian tidak meluas di tanah air. Jangan sampai terjadi penularan lokal kita harus berupaya menjaga situasi di Indonesia tetap baik kita pertahankan.

Perlu diketahui pula, jumlah kasus aktif agar tetap rendah dan tingkat penularan kita awasi agar bertahan di bawah satu komando jangan sampai itu melonjak lagi situasi pandemi covid 19 di Indonesia. Saat ini sudah terkendali dimana tingkat penularan berada dibawah angka 1 dengan positif dan rumah sakit berada di standar WHO.

Kesuksesan dalam mengendalikan laju covid-19 ini membuat Indonesia menempati peringkat pertama di Asia tenggara dalam rangka pemulihan covid 19, ucap Anies Baswedan.

Menurut indeks nikkei tentu capaian ini harus kita pertahankan dengan waspada kita harus melakukan berbagai upaya pencegahan untuk menyelamatkan bangsa Indonesia dari bahaya covid 19. Dengan mengedepankan asas keselamatan rakyat sebagai hukum tertinggi solus populi suprema Lex oleh karena itu Polri dengan dukungan dari TNI pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya menyelenggarakan operasi lilin 2021 yang dilaksanakan selama 10 hari mulai tanggal 23 Desember tahun 2001 sampai dengan 2 Januari 2022, tegas Gubernur DKI Jakarta.

Adapun fokus pengamanan ada di 490.059 objek di seluruh Indonesia. Seperti di tahun baru terminal, pelabuhan, stasiun kereta api, dan bandara. Dimana dalam pelaksanaannya operasi ini melibatkan 177.212 personel pengamanan gabungan yang terdiri dari 103.000 personil Polri, 19.000 personil TNI serta 55 ribu personel yang berasal dari instansi terkait antara lain satuan polisi pamong praja, dinas perhubungan, dinas Kesehatan, Pramuka, pemadam kebakaran, linmas, Senkom dan instansi lainnya.

Kekuatan tersebut akan ditempatkan pada 19.464 pos pengamanan dan 1.082 pos pelayanan. Selain itu pada satu minggu sebelum pelaksanaan operasi yaitu tanggal 17 sampai dengan 23 Desember 2021.

Polri juga melaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan atau dan akan dilanjutkan kembali pada tanggal 3 sampai 9 Januari 2022 untuk mengantisipasi peningkatan mobilitas masyarakat pra dan pasca operasi lilin 2020.

Pelaksanaan pengamanan Natal itu tidak terlepas dari kebijakan pemerintah melalui Mendageri tahun Nomor 66 tahun 2021 tentang pencegahan dan penanggulangan covid-19 pada saat Natal 2021 dan tahun baru 2022 dalam negeri tersebut telah diatur secara khusus penentuan pelaksanaan kegiatan masyarakat dan perjalanan pada masa baru sesuai dengan level assessment di masing-masing wilayah.

Situasi pandemi covid 19 yang terkendali di Indonesia pemerintah memberikan kesempatan bagi perekonomian untuk tumbuh. Pada kuartal ketiga 2021 kita sudah berhasil mencapai angka 3,51 dan diharapkan dengan situasi ke-19 yang tetap terkendali pada kuartal keempat 2021 kita bisa mencapai pertumbuhan ekonomi di angka 4,5 hingga 5%.

Untuk itu momentum pertumbuhan ekonomi ini harus kita pertahankan dengan menjaga penyebaran covid-19. Strategi penguatan pengendalian harus dilaksanakan dengan baik oleh seluruh pemangku kepentingan terkait dengan pengendalian penyebaran covid-19 menjelang dan sesudah nataru dengan memperhatikan dan melakukan langkah-langkah berikut ini.

Disiplin terhadap protokol kesehatan 3 M harus senantiasa dilaksanakan oleh seluruh masyarakat dengan penuh tanggung jawab. Penguatan PPKM sampai dengan 3 RT. Mendorong pengelola tempat wisata untuk mendapatkan sertifikasi CHSE dan seluruh seperti tempat ibadah restoran hotel pusat perbelanjaan toko perkantoran terminal dan lain sebagainya.

Untuk selalu menggunakan aplikasi pedulilindungi. Setelah terpasang aplikasi ini harus benar-benar digunakan. Jika terdapat pengunjung yang belum vaksin langsung diarahkan ke gerai-gerai vaksin terdekat. Jika terdapat pengunjung yang masuk kategori hitam disiapkan ruang isolasi. Sementara sebelum mendapatkan penanganan lebih jauh.

Melaksanakan penjagaan dan pengawasan pelaksanaan ibadah natal di gereja protokol kesehatan harus dilaksanakan secara ketat mulai dari ibadah secara maksimal 50% kapasitas ruangan. Penerapan 3M dan mengatur mobilitas jemaat, sirkulasi udara yang baik dan aturan lainnya yang sesuai dengan surat edaran Menteri Agama Nomor 31 tahun 2001 tentang pencegahan dan penanggulangan covid 19 pada perayaan natal tahun 2021 -2022.

Persyaratan perjalanan pada berbagai model transportasi juga harus betul-betul diawasi pelaksanaannya, penguatan pengawasan karantina yang masuk ke Indonesia baik melalui jalur darat laut dan udara setiap terdapat kasus konfirmasi harus langsung dilakukan testing treatment dengan baik.

Melakukan isolasi Mandiri isolasi terpusat atau perawatan di rumah sakit rujukan sesuai dengan standar yang ada. Laksanakan random checkloksidasi serta isolasi sementara di posyandu dan pos PAM. Menutup alun-alun dan meniadakan segala bentuk kegiatan masyarakat pada saat malam pergantian tahun. Utamakan perayaan tahun baru di rumah atau bersama dengan keluarga saja melakukan percepatan program vaksinasi terutama pada kabupaten kota yang belum mencapai target 70%.

Melakukan pengamanan dan pengendalian secara ketat terhadap pelaksanaan ibadah Natal dan tahun baru pada titik-titik objek vital yang telah ditetapkan.

Manajemen rekayasa lalu lintas mulai dari pengeluaran pospam dan posyan contra flow one way ganjil genap menuju tempat wisata dan sosialisasi media hingga pengaturan jika langkah-langkah tersebut dapat dilakukan dengan baik.

Saya yakin laju penyebaran covid-19 dapat terkendali oleh karena itu sinergitas antar pemangku kepentingan harus solid sebagaimana pesan bapak Presiden Joko Widodo bahwa sinergitas dan soliditas antar lembaga menjadi kunci keberhasilan penanggulangan Paripurna covid-19.

Berdasarkan kerawanan yang telah dilakukannya terdapat beberapa prediksi gangguan Kamtibmas yang harus kita antisipasi antara lain ancaman kelompok intoleran radikalisme dan terorisme.

Bwlap liar, penyalahgunaan narkoba, pesta miras, aksi perusakan fasilitas umum, kerumunan masyarakat yang berpotensi menyebabkan penularan covid 19 maupun ancaman bencana alam seperti banjir tanah longsor sebagai dampak dari musim penghujan. Oleh karena itu Operasi Lilin 2021 harus dilaksanakan secara optimal.

Kejahatan dan gangguan Kamtibmas sekecil apapun harus kita cegah dan antisipasi. Ketika operasi ini berhasil masyarakat dapat melaksanakan aktivitas ibadah Natal dan tahun baru dengan rasa aman dan nyaman baik dari gangguan maupun dari bahaya covid 19.

Event-event nasional dan internasional dapat berjalan dengan baik untuk itu laksanakan operasi ini dengan penuh rasa tanggung jawab dan dengan dukungan dari masyarakat, pungkas Gubernur Anies Baswedan.

Untuk dipedomani guna mendukung keberhasilan pelaksanaan operasi lilin 2021 yaitu sebagai berikut pertama jaga stamina, jaga kesehatan mental jaga kesehatan fisik, selama perjalanan operasi niat dan sebagai melaksanakan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan Yang maha esa.

Kedua, lakukan deteksi dini terhadap dinamika dan fenomena yang berkembang sehingga dapat melakukan langkah-langkah pencegahan yang prediktif. Ketika melaksanakan pengamanan secara profesional dan humanis berikan layanan terbaik kepada masyarakat di manapun dan kapanpun, pesan Anies Baswedan.

Wujudkan representasi negara di tengah-tengah masyarakat lengkapi sarana dan prasarana di pos pam dan posyandu. Mulai dari tempat isolasi sementara, aplikasi pedulilindungi, gerai vaksinasi, pos pelayanan kesehatan, pengecekan antigen, panel data informasi dan inovasi pelayanan lainnya.

Dorong para pengelola tempat wisata pusat pembelanjaan dan tempat lainnya yang dapat menimbulkan kerumunan untuk memasang dan terapkan aplikasi pedulilindungi. Kawal dan aktivitas masyarakat di titik-titik objek vital dengan mengedepankan 3 M.

Mantapkan kerjasama sinergi dan soliditas para pihak yang terlibat satukan visi dan tujuan demi keberhasilan.

Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh personil TNI Polri pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya yang terlibat dalam pelaksanaan operasi lilin 202.-2022 sehingga stabilitas keamanan ketertiban masyarakat dapat senantiasa terjaga semoga pengertian tugas yang kita laksanakan dengan penuh keikhlasan ini akan menjadi ladang amal ibadah di hadapan Tuhan Yang maha esa.

Pada kesempatan ini,” saya juga mengucapkan selamat hari raya Natal 2021 dan tahun baru 2022. Ucap gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan,” Selamat menyongsong tahun baru 2022 semoga damai dan sukacita Natal selalu tinggal di hati kita sehingga kita menjadi terang sebagai wujud kasih Tuhan dalam menghadirkan kebaikan kepada bangsa dan negara.

Demikian semoga Tuhan yang maha kuasa senantiasa memberikan perlindungan kekuatan dan keselamatan kepada kita dalam melaksanakan pengabdian terbaik kepada masyarakat bangsa dan negara.

Leave a Comment
Share
Published by
Kahfi SNN