Penyematan PIN & Penyerahan Sertifikat Pelatihan serta Pembinaan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan di Lemhannas RI Angkatan 2024

Jakarta, satunusantaranews.co.id – Sebanyak 77 orang yang mewakili 150 peserta Pelatihan dan Pembinaan Pemantapan Nilai Kebangsaan Angkatan Tahun 2024 resmi dilantik dan menerima pin dan sertifikat Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI). Acara ini menandai selesainya program pelatihan yang telah berlangsung dengan tujuan memperkuat pemahaman serta penerapan nilai-nilai kebangsaan di kalangan peserta. Adapun bagi peserta yang tidak dapat hadir dalam agenda ini, maka pin dan sertifikat akan dikirim ke alamat masing-masing peserta.

“Pelatihan ini merupakan bagian dari upaya Lemhannas RI untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas pemahaman kebangsaan di seluruh lapisan masyarakat dari Sabang hingga Merauke. Program ini mencakup berbagai materi terkait nilai-nilai kebangsaan, wawasan kebangsaan, dan strategi implementasi yang relevan dengan kondisi terkini. Selama pelatihan, peserta juga diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan berlatih implementasi nilai-nilai kebangsaan dalam konteks kehidupan sehari-hari,” ujar Deputi Kebangsaan Pemantapan Nilai (Taplai) Kebangsaan Lemhannas RI, Mayjen TNI Rido Hermawan, M.Sc.

Acara penyematan pin serta penyerahan sertifikat ini dihadiri oleh berbagai pejabat penting dari TNI- Polri, lembaga pemerintah, profesional, dan tokoh masyarakat. Terjadwal hadir dalam acara tersebut adalah Direktur Pembinaan dan Pelaksanaan (Dirbinlak) Taplai Lemhannas RI Laksma Edi Tarjono, serta para Kasubdit di antaranya Kol. Kes M. Oksan, Kol. Mar. Zaldy Edward, dan Bapak Muhtar Nursalim.

Mayjen TNI Rido Hermawan, M.Sc menekankan pentingnya nilai-nilai kebangsaan sebagai fondasi dalam membangun negara yang kuat dan bersatu. Beliau juga mengapresiasi dedikasi para peserta selama mengikuti pelatihan dan berharap dapat mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh untuk mendukung kemajuan bangsa.

“Peserta pelatihan diberikan pin sebagai simbol pencapaian dan komitmen  terhadap nilai-nilai kebangsaan. Penyematan pin dan penyerahan sertifikat ini merupakan bentuk penghargaan atas usaha dan dedikasi dalam mengikuti program pelatihan. Pin tersebut melambangkan peran aktif peserta dalam memperjuangkan dan menyebarluaskan nilai-nilai kebangsaan di komunitas masing- masing,” tambah alumni Akademi Militer angkatan 1989 ini.

Selama acara, beberapa peserta memberikan kesan tentang pengalaman selama pelatihan. Ketua Angkatan Taplai Lemhannas RI 2024 Dr. Jusuf Kristianto menyatakan bahwa pelatihan ini telah membuka wawasan tentang pentingnya nilai-nilai kebangsaan dan bagaimana cara menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Kami merasa lebih siap untuk berkontribusi dalam memperkuat persatuan di masing- masing daerah kami,” ujar Dr. Jusuf.

Acara ini ditutup dengan pernyataan resmi dari para peserta bahwa akan terus berkomitmen untuk menerapkan dan menyebarluaskan nilai-nilai kebangsaan di lingkungan masing-masing. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh, diharapkan  dapat berperan aktif dalam memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Peserta pelatihan juga akan bergabung dan tergabung dalam Ikatan Keluarga Alumni Kebangsaan Lemhannas (IKABNAS) di bawah naungan Dewan Pengurus Pusat (DPP) Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas (IKAL-Lemhannas). Beberapa peserta juga sudah merencanakan kegiatan positif lanjutan di komunitas maupun ikatan alumni, seperti kunjungan dan workshop dan lain lain, tentang nilai-nilai kebangsaan untuk memajukan bangsa Indonesia.

Penulis:

Baca Juga