Hiburan

Perbedaan Kopi Americano dan Long Black, Jangan Salah Pilih Ya!

satunusantaranews, Jakarta – Mengkonsumsi kopi merupakan sebuah kebutuhan setiap orang dan menjadi teman untuk sekedar bersantai atau berbincang bersama kerabat. Banyak menu olahan kopi yang biasanya kita temui di cafe atau restoran. Semua menu olahan minuman kopi tersebut biasanya berbahan dasar espresso.

Namun, ada banyak tipe orang dalam mengkonsumsi menu berbahan dasar espresso tersebut. Ada yang hanya espresso saja, ada yang dicampur dengan susu (latte), bahkan ada yang mencampurkan espresso dengan air putih guna mengurangi rasa yang kuat dari espresso tersebut.

Namun banyak orang-orang yang salah pengertian mengenai kopi yang dicampur dengan air tersebut memiliki dua nama, yaitu Americano dan Long Black. Mereka beranggapan bahwa keduanya sama, namun jika melihat dari cara pembuatannya, ada sebuah perbedaan.

 

 

Yang pertama akan dibahas adalah Americano. Americano adalah kopi hitam berasal dari amerika yang berbahan dari espresso. Espresso tersebut kemudian ditambahkan air panas yang kemudian akan memecah krema dari espresso tersebut. Americano berawal saat perang dunia kedua ketika para Tentara Amerika berada di Italia dan kehabisan persediaan kopi sehingga mereka terpaksa mengkonsumsi espresso sebagai gantinya.

Namun, tak disangka jika espresso memiliki rasa yang sangat kuat sehingga para Tentara Amerika tersebut menambahkan air panas sehingga espresso tersebut memiliki rasa sedikit lebih ringan. Dan kemudian, orang-orang Italia menyebut kopi tersebut sebagai Americano, dikarenakan hal tersebut hanya dilakukan oleh orang Amerika.

Kemudian, kita akan membahas Long Black. Sama seperti Americano, Long Black adalah jenis minuman kopi yang masuk ke keluarga “kopi hitam”. Long Black ini berasal dari negara Australia dan Selandia Baru. Long Black ini sebenarnya tidak ada perbedaan yang signifikan dengan Americano. Long Black dibuat dengan air putih yang kemudian baru ditambahkan dengan espresso. Karena berasal dari Australia dan Selandia Baru, cara membuat Long Black tidak boleh terbalik seperti proses pembuatan Americano.

 

Perbedaan antara Americano dan Long Black terletak pada cara pembuatannya. Americano dengan espresso yang kemudian ditambah air panas, sedangkan Long Black sebaliknya dengan menggunakan air panas kemudian ditambah dengan espresso. Lalu, apa perbedaan tersebut akan menghasilkan rasa yang berbeda?

Dari segi rasa, Long Black memiliki rasa yang sedikit lebih kuat dibandingkan dengan Americano. Hal tersebut karena pada proses pembuatan Long Black yang menuangkan espresso diatas air putih, dan air putih pada Long Black tersebut biasanya lebih sedikit dibandingkan air putih yang ada pada Americano. Hal tersebut kemudian membuat rasa dari Long Black lebih kuat dibandingkan dengan Americano.

Kira-kira itulah perbedaan antara Americano dengan Long Black. Jadi jangan salah pesan ya, SNNears!

Leave a Comment
Share
Published by
Kahfi SNN