Pariwisata

Pernah Denger Misteri Gedung Miring Menara Saidah  Yang Bikin Merinding Belum?

satunusantaranews, Jakarta – SNNers … tahukah kalian Gedung Miring Menara saidah yang saat ini tengah hangat diperbincangkan? Gedung yang masih berdiri di Jalan MT Haryono, Pancoran, Jakarta Selatan itu merupakan gedung eks perkantoran yang telah lama terbengkalai ini dikenal sebagai salah satu lokasi angker di Ibu Kota. Bahksn berbagai cerita mistis pun turut menguap di lokasi ini.

Menara Saidah terkenal di sebagian kalangan sebagai gedung berhantu. Menurut beberapa cerita, gedung ini bahkan menjadi kerajaan setan. Selain isu misteri, Menara Saidah juga terkenal karena gedungnya yang miring.

Sebelum dikenal dengan nama Menara Saidah, Gedung ini memiliki nama Gedung Gracindo. Nama Menara Saidah diambil dari nama pemiliknya yakni Saidah Abu Bakar Ibrahim dan mulai digunakan setelah dilakukan renovasi besar-besaran.

Dari informasi berbagai sumber, Gedung ini mulai dibangun tahun 1995 dan selesai pada 1998. tahun di mana terjadi pergantian rezim dari Orde Baru yang selama 32 tahun dipimpin Presiden Soeharto menuju era reformasi dan sempat memicu kerusuhan di Jakarta pada periode itu.

Pada 2001, gedung ini diresmikan dan mulai dipergunakan sebagai gedung perkantoran. Kementerian Percepatan Pembangunan Kawasan Timur Indonesia pernah menyewa salah satu bagian dari Menara Saidah untuk dijadikan kantornya di lantai 18.

Phak yang membangun Menara Saidah atau Gedung Gracindo adalah PT Hutama Karya dan merupakan gedung tinggi pertama yang dibangun oleh kontraktor ini. Menara Saidah memiliki 28 lantai. PT Hutama Karya kerap dikait-kaitkan dengan sosok Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto, putra bungsu Presiden RI ke-2 Soeharto.

 

 

Menara Saidah dibangun dengan konsep arsitektur yang terbilang unik. Dikutip dari situs resmi PT Hutama Karya, kekhasan gedung ini adalah desainnya dengan patung-patung bernuansa Romawi diimpor dari Italia. Sedangkan rancang bangun interiornya menggunakan sentuhan Las Vegas dengan langit-langit bagian lobi yang nuansanya bisa diganti-ganti. Awalnya, Menara Saidah memiliki 15 lantai, tapi kemudian direnovasi dan dipertinggi menjadi 28 lantai.

Namun sayang, Gedung ini sudah berhanti beroperasi sejak 2007 silam karena bangunannya disebut mengalami kemiringan. amun, ternyata hal tersebut bukanlah alasan satu-satunya mengapa banyak penyewa meninggalkan gedung ini.

Konon, alasan orang-orang meninggalkan gedung ini adalah karena cerita mistis yang beredar di area ini. Mulai dari hantu wanita cantik berbaju merah hingga keranda mayat di lantai 3.

Gedung Saidah memiliki banyak sekali cerita seram yang bikin bulu kuduk berdiri. Akibat cerita-cerita di ataslah warga tidak ada yang berani untuk masuk ke dalam menara ini.

Ada beberapa cerita mistis yang masih terkenal dari Menara saidah hingga saat ini. Cerita di Menara Saidah ini dialami oleh 2 orang satpam yang bertugas saat gedung ini masih beroperasi.

Seorang wanita cantik berbaju merah meminta salah satu satpam tersebut menemaninya untuk mengunjungi adiknya yang berada di lantai 14. Ketika sampai di lift, lift tersebut berjalan sangat lambat karena memang sudah lama alat ini tidak berfungsi dengan semestinya.

Ketika sudah sampai di lantai 14, satpam tersebut baru tersadar jika wanita cantik berbaju merah tersebut sudah tidak ada di dalam lift. Satpam yang satunya kemudian menemukan koleganya dalam keadaan pingsan setelah kejadian tersebut.

Cerita lainnya , Menara menyeramkan ini dikenal dengan liftnya yang sangat lambat. Meski sudah perbaiki beberapa kali, namun tetap saja laju lift di gedung tersebut lambat. Usut punya usut, ternyata lambatnya lift disebabkan oleh makhluk halus yang menunggu tempat tersebut.

Pernah suatu hari, ada karyawan Menara Saidah yang harus kembali ke sebuah lantai tempatnya bekerja karena ada barang yang tertinggal. Karena kondisi sudah gelap dan sepi, ia memutuskan untuk naik lift agar cepat sampai di lantai bawah. Namun, lift tersebut nggak mau menutup dan malah lampunya semakin meredup.

Karyawan tersebut memutuskan untuk turun menggunakan darurat. Yang membuatnya ketakutan adalah setiap ia tiba di satu lantai, lift juga tiba di lantai yang sama dengan kondisi pintu terbuka. Hiiii …Merinding!

Leave a Comment