Pertajam Pengetahuan Media Komunikasi dan Teknologi Melalui Seminar Internasional Stikosa-AWS
satunusantaranews, Jakarta- Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (Stikosa)-AWS menggelar 2nd International Conference on Mass Media and Communication in Southeast Asia 2022 (ICMC), Sabtu, 8 Januari 2022. Seminar internasional kedua ini mengusung tema “Media Communication and Technology : Interest on Business, Politics, Sosial, and Culture”, digelar secara daring.
Tema ICMC dipilih dikarenakan peran media massa sangat perpengaruh dalam kehidupan bermasyarakat di saat transformasi media massa telah berkembang ke dunia digital.“Tentunya ditinjau dari perspektif bisnis, politik, sosial dan budaya,” ujarDr. Dwi Prasetyo, S.Sos., M.PSDM, ketua pelaksanaan ICMC Stikosa-AWS 2022.
Menurutnya seminar ini juga sebagai wadah pertukaran pengetahuan dan pengalaman bidang ilmu komunikasi dari perspektif bisnis, politik. Sosial dan budaya era digital. Selain itu juga, Ketua Stikosa-AWS, Dr. Meithiana Indrasari, ST., MM menjelaskan, perkembangan era digital saat ini telah memudahkan kegiatan bahkan dapat membuat jarak yang jauh semakin dekat. Dengan demikian internet merupakan medium komunikasi yang dapat membentuk komunikasi baru.
Seminar internasional ini mengangkat 4 tema utama meliputi Bisnis , Politik , Sosial serta Budaya, mengundang sejumlah pembicara dari kalangan akademisi serta tokoh pemerintah. Pembicara utama selain Dr. Meithiana Indrasari, ST., MM sebagai Ketua Stikosa-AWS juga Dr. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Dr. H. Emil Elestianto Dardak, B.Bus, M.Sc, Wakil Gubernur Jawa Timur.
Selaras dari penjelasan Dr. Meithiana Indrasari, dalam pemaparan presentasi Dr. Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan, pandemi covid-19 membuat kita memasuki era kenormalan baru. Para pelaku media harus mulai melakukan transformasi digital, menjadi jurnalis yang terbuka, inovatif serta lincah dan serta mampu berkolaborasi.
Dilain kesempatan, dengan pernyataan tentang perkembangan digital era ini, Dr. H. Emil Elestianto Dardak, mengatakan, perubahan media saat ini begitu cepat dimana kita tidak hanya menikmati atau sebagai konsumen konten media namun kita juga dapat memproduksi konten. Sehingga perubahan tersebut menjadi bisnis komunikasi di industri media. Maka menurut ketiga pembicara utama , bahwa media saat ini telah menjadi konsumsi publik dan tidak dapat dipisahkan oleh kehidupan sehari-hari.
Komentar