Plataran Indonesia Hadirkan Pengalaman Fine Dining Pertama di Kereta pada ASEAN Railway CEOs’ Conference 2024

Jakarta – satunusantaranews.co.id. Agenda ASEAN Railway CEO’s Conference 2024 (ARCEO’s Conference 2024) yang diselenggarakan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) menjadi salah satu acara besar yang ditangani oleh Plataran Indonesia, melalui lini Plataran Catering Services, untuk menyajikan ragam kekayaan kuliner Nusantara bagi tamu internasional. Mengusung tema “Driving Sustainability with Digital Innovation”, gelaran ARCEO’s Conference 2024 yang berlangsung di Bandung pada tanggal 2-5 September 2024 dihadiri oleh para delegasi dari delapan negara Asia Tenggara: Kamboja, Thailand, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Vietnam, dan juga Indonesia.

Selain berkesempatan untuk menyaksikan langsung inovasi terkini dari KAI, seperti Whoosh yang merupakan kereta cepat pertama di ASEAN, Light Rail Transit (LRT), dan Kereta Panoramic, para delegasi ARCEO’s Conference 2024 juga merasakan langsung pengalaman kuliner mewah dengan hidangan istimewa dari Plataran Indonesia sebagai bagian dari program “Dining on Train”, sebuah inovasi unik untuk memberikan pengalaman tak terlupakan dalam agenda tahunan ini.

Pengalaman Kuliner Eksklusif dengan Cita Rasa Nusantara

Plataran Indonesia, yang dikenal dengan pengalaman di sektor hospitality nasional selama lebih dari 15 tahun, memainkan peran krusial dalam menciptakan pengalaman istimewa pada program “Dining on Train”. Dalam perjalanan dari Jakarta ke Bandung, para delegasi ARCEO’s Conference 2024 seraya diajak berkeliling Nusantara lewat cita rasa melalui layanan fine dining pertama di atas kereta di Indonesia, yang menggabungkan hidangan lezat dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Inisiatif ini sekaligus memperkenalkan dimensi baru dalam industri kuliner dan pariwisata Indonesia.

"Pengalaman Dining on Train ini adalah yang pertama di Indonesia, dan kami sangat bangga dapat menjadi bagian dari inovasi ini. Dengan menyajikan hidangan khas Indonesia dalam suasana yang sangat eksklusif, kami berharap dapat memperkenalkan kekayaan budaya dan kuliner Indonesia kepada dunia," ujar Yozua Makes, CEO dan Founder Plataran Indonesia. "Lewat pengalaman di beragam agenda berskala internasional, kami terus berkomitmen untuk mengharumkan nama bangsa melalui sektor pariwisata. Inisiatif ini merupakan bagian dari upaya kami untuk menunjukkan keunggulan Indonesia di kancah global,” imbuhnya.

Lebih jauh, menu yang disajikan terdiri dari rangkaian hidangan lengkap khas Indonesia, mulai dari appetizer, soup, hidangan utama, dessert, hingga minuman, yang dipersiapkan langsung oleh Chef profesional dan berpengalaman. Kesempatan ini juga sekaligus meneguhkan positioning Plataran Indonesia sebagai pionir dalam ragam inovasi di sektor hospitality, yang selama ini telah dikenal memiliki standar dan kualitas bertaraf internasional, dalam memberikan pengalaman bersantap yang ikonik dan berkesan.

Memaknai Budaya Indonesia Melalui Setiap Hidangan

Plataran Indonesia menghadirkan ragam hidangan autentik yang mencerminkan kekayaan kuliner dari berbagai daerah di Nusantara, mulai dari menu khas Sunda, Jawa, Bali, hingga aneka bebakaran yang menggugah selera. Beberapa hidangan yang disajikan antara lain Rujak Bebeg yang segar, Empal Gentong yang gurih khas Jawa Barat, Nasi Krawu dari Jawa Timur yang lezat, serta Urap Beluntas yang kaya akan rasa. Selain itu, terdapat Kerapu Nyat-Nyat dari Bali yang penuh cita rasa, hingga pilihan manis maupun gurih seperti Colenak dan Sukun Serundeng yang sempurna untuk melengkapi pengalaman bersantap khas Indonesia.

Para  delegasi ARCEO’s Conference 2024 juga diajak untuk lebih mengenali kekayaan budaya  Indonesia  melalui  narasi  yang  disajikan  sebagai  keterangan  setiap  menu dan kategorisasinya.  Setiap  hidangan tak hanya memanjakan lidah, namun juga membawa cerita tentang asal-usul dan keunikan tradisi masing-masing daerah. Penjelasan mendetail tentang bahan-bahan lokal dan cara memasak tradisional memperkaya pengalaman bersantap para tamu, menjadikannya lebih dari sekadar sesi bersantap, tetapi juga momen untuk memahami makna budaya yang tersimpan di dalamnya. "Kami di Plataran percaya bahwa setiap hidangan membawa cerita yang mendalam tentang tradisi, nilai, dan identitas kita sebagai sebuah bangsa. Melalui komitmen ini, kami berupaya turut ambil bagian dalam memperkenalkan dan melestarikan warisan budaya bangsa," pungkas Yozua.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Plataran Indonesia, khususnya Plataran Catering Services, silakan mengakses situs resmi https://www.plataran.com dan akun media sosial Instagram @plataranindonesia atau @plataran.cateringservices

Tentang Plataran Indonesia:

Plataran  Indonesia  adalah  perusahaan  nasional  yang  didirikan pada tahun 2009 yang bergerak dibidang pariwisata dan kegiatan penunjangnya dan telah memperoleh penghargaan dunia dan nasional seperti Sustainable City and Human Settlement Awards dari Global Forum on Human Settlements, Runner Up Best Asian Sustainable Destination dan Top Sustainable Destinations 100 dari Green Destinations dan Indonesian Leading Hotel Chain dari Indonesian Leading Hotel Chain. Plataran juga merupakan perusahaan yang telah memperoleh pengakuan masyarakat sebagai The True Indonesian Icon dan The True Indonesian Ecotourism Icon dalam kegiatannya yang mengedepankan tiga pilar utama: "Alam-Budaya-Masyarakat Indonesia" di panggung nasional dan dunia.

Didorong oleh antusiasme yang tinggi, Plataran Indonesia secara aktif berkontribusi untuk membangun Indonesia yang lebih baik melalui tiga pilar utamanya:

  • Alam: Plataran  Indonesia  memperjuangkan  tanggung  jawab  lingkungan  melalui program “Plataran for the Earth”. Dedikasi Plataran terhadap keberlanjutan tercermin dalam inisiatif penanaman pohon di Taman Nasional Bali Barat, yang memainkan peran  kunci  dalam  pengakuan  Plataran  Menjangan  Resort & Spa dalam ajang penghargaan ASEAN Green Hotel Award 2023.
  • Budaya: Plataran Indonesia merayakan warisan budaya bangsa melalui “Plataran for the Heritage”. Komitmen Plataran tercermin dalam pengalaman budaya yang mendalam yang dikurasi di berbagai properti. Pengalaman budaya ini menghubungkan tamu dengan esensi budaya Indonesia, termasuk dalam rute pilihan “Destination Everywhere: Tour De Plataran” ini.
  • Komunitas: Plataran Indonesia membangun hubungan yang kuat dengan komunitas lokal dan  secara  aktif  berkolaborasi dengan beragam kelompok, termasuk para penggemar olahraga. Inisiatif “Plataran for the People” adalah contoh nyata dari komitmen ini, terutama dalam memupuk inklusivitas dan dampak sosial yang positif.

Dengan menyatukan semua elemen ini, Plataran Indonesia membentuk satu kesatuan yang harmonis yang bertujuan untuk memberikan dampak positif pada lingkungan, warisan budaya, dan berbagai komunitas yang ada di Indonesia.

Penulis:

Baca Juga