Ekonomi Bisnis

PLN Tetapkan Harga per KWh Tarif Golongan Rendah Turun Rp. 22,5 per kWh

satunusantaranews, Jakarta – Perlu diketahui masyarakat luas, bahwa Harga per KWh untuk tarif golongan rendah yang sebelumnya 1.467/kWh kini turun menjadi 1.444,70/kWh atau dengan kata lain,  turun 22,5/kWh. Penetapan ini efektif berlaku untuk pemakaian listrik di bulan Oktober sampai Desember 2020, demikian  diunhkapkan Executive Vice President Communication and CSR PLN, Agung Murdifi (1/9).

 

Dengan adanya penurunan ini, dimaksudkan oleh Pemerintah dan PLN ingin memberikan ruang untuk pelanggan PLN  golongan rendah agar dapat lebih banyak memanfaatkan listrik untuk menunjang kegiatan ekonominya dan tentunya dalam kegiatan kesehariannya, jelas Agung lagi.

 

Sekaligus hal tersebut sebagai bentuk dukungan penuh PT PLN (Persero) atas keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terkait penurunan tarif adjustment untuk pelanggan golongan rendah. Sesuai Surat Menteri ESDM kepada Direktur Utama PT PLN (Persero) tanggal 31 Agustus 2020 yang telah disampaikan.

 

Sementara di sisi lain, Pemerintah mengambil keputusan ini dengan mempertimbangkan kondisi ekonomi masyarakat akibat terdampat covid-19. Dan sebagai wujud negara hadir untuk memberikan kemudahan dan solusi bagi para pelanggan listrik. Apalagi listrik sudah menjadi kebutuhan dasar masyarakat saat ini.

 

Dan penurunan tarif bagi Golongan rendah ini tidak menyertakan syarat apapun. Jadi silakan nikmati penurunan tarif ini. Dan gunakan listrik PLN dengan nyaman dan tentu saja aman, jelasnya. Sedangkan masyarakat yang mendapatkan penurunan tarif listrik diantaranya R-1 TR 1300VA; R-1 TR 2200 VA; R-2 TR 3500 VA -5500 VA; R-3 TR 6600 VA; dan B-2 TR 6600 VA – 200 kVA

 

Selanjutnya, untuk masyarakat pelanggan Rumah Tangga daya 450 VA mendapatkan diskon 100% (digratiskan) dan pelanggan Rumah Tangga daya 900 VA bersubsidi mendapatkan diskon 50% yang sudah dimulai sejak April 2020. Selain itu, keringanan juga diberikan bagi pelanggan Bisnis kecil daya 450 VA dan Industri kecil daya 450 VA dengan diskon 100%.

 

Pandemi Covid -19 yang telah berlangsung hampir enam bulan lebih ini sangat berpengaruh besar pada sendi sendi kehidupan masyarakat. Karena tidak saja merubah tatanan kehidupan dengan berprilaku hidup lebih sehat lagi. Namun juga untuk pengembangan ekonomi masyarakat yang harus berkompromi dengan situasi serta kondisi yang ada.

Leave a Comment
Share
Published by
Dini SNN