Opini

Ramadhan Segera Tiba! SNNears Persiapkan Ramadhanmu … Yuk

Satunusantaranews, Jakarta

Bulan Ramadhan segera tiba. Bulan yang suci penuh keberkahan ini sudah dinantikan seluruh umat muslim di dunia. Ramadhan tahun 2022 diperkirakan jatuh pada hari Sabtu, 2 April 2022 nanti. Seperti pada tahun sebelumnya, kita masih akan merayakan bulan suci ini di tengah pandemi Covid-19. Oleh sebab itu, SNNears perlu mempersiapkan diri dengan maksimal untuk menyambut bulan Ramadhan tahun ini.

Nah … ada tiga hal yang perlu SNNears siapkan yaa … untuk menyambut bulan Ramadhan 1443 H ;

Pertama; Persiapkan Kondisi Fisik dan Mental Kamu dengan Baik.
Pada bulan Ramadhan kamu akan menjalani aktivitas yang berbeda dari hari biasanya. Seperti melaksanakan sahur, berpuasa dari pagi hingga magrib, lalu pada malam hari melakukan ibadah solat tarawih. Begitu banyak aktivitas yang harus dikerjakan, meski kamu sedang berpuasa seharian.

Pada hari-hari biasa pola tidur kamu mungkin tidak cukup teratur. Oleh sebab itu, menjelang Ramadhan, kamu perlu atur kembali pola tidur kamu agar dapat beraktivitas dengan kondisi yang fit, walaupun sedang berpuasa seharian selama Ramadhan.

Cobalah berpuasa sunah agar tubuh dapat menyesuaikan diri untuk berpuasa penuh sebulan nanti.

Pada umumnya, kondisi tubuh kamu akan terasa lemas karena menjalankan ibadah puasa seharian. Jangan lupa untuk rajin berolahraga, makan-makanan sehat dan bergizi, serta tetap menjaga kesehatan di tengah pandemi seperti ini dengan baik. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, maka kamu akan siap untuk menjalani segala aktivitas di bulan Ramadhan nanti.

Kedua; Membuat Target Pencapaian Selama Ramadhan.
Setiap manusia berlomba-lomba dalam kebaikan di bulan Ramadhan. Segala sesuatu yang akan kita kerjakan di bulan Ramadhan, pasti akan dibalas pahala berkali-kali lipat oleh Allah SWT.

Untuk memaksimalkan waktu puasa kamu di bulan Ramadhan nanti, kamu perlu melakukan berbagai jenis kegiatan yang produktif. Solusi agar kamu tetap semangat untuk menjalani segala aktivitas adalah membuat target pencapaian.

Membuat target pencapaian dapat mengembangkan minat dan bakat kamu kepada hal-hal yang positif. Selain itu, melakukan kegiatan produktif dengan target yang sudah kamu buat, dapat mengisi waktu luang kamu selama berpuasa seharian di bulan Ramadhan ini.

Dan Ketiga; Melakukan Amalan Baik.
Melakukan amalan-amalan yang baik di bulan Ramadhan, dapat meningkatkan diri secara spiritual kepada Sang Pencipta. Memperbanyak melakukan ibadah-ibadah sunah selama Ramadhan dapat kamu rencanakan dari sekarang.

Contoh ibadah-ibadah yang dapat kamu lakukan di bulan suci Ramadhan adalah membaca Al-Quran, memperbanyak bacaan zikir dan berdoa, serta melakukan salat-salat sunnah.

Tidak hanya itu saja, kamu pun dapat melakukan amalan ibadah lainnya seperti bersedekah, menyiapkan makanan untuk sahur dan berbuka, serta belajar ilmu agama.

Sebelum masa pandemi, belajar ilmu agama sudah sangat dimudahkan. Jadi, kamu dapat mengaksesnya di mana saja dan kapan saja secara gratis.

Itulah tiga hal yang perlu SNNears persiapkan untuk menyambut bulan Ramadhan nanti. Jika kamu konsisten untuk menjalankan aktivitas tersebut, maka kamu telah siap melakukan amalan ibadah di bulan Ramadhan.

(**by Haura Khansa Assyuja

Leave a Comment
Share
Published by
Admin SNN