Rihanna Digelari Pahlawan Nasional Barbados, Kok Bisa Sih?

Rihanna Digelari Pahlawan Nasional Barbados, Kok Bisa Sih?
Rihanna Digelari Pahlawan Nasional Barbados, Kok Bisa Sih?

satunusantaranews, Jakarta - Penyanyi pop Rihanna diberi gelar Pahlawan Nasional bersamaan dengan pelantikan Presiden pertama Barbados yaitu Dame Sandra Mason. Seperti diketahui, Barbados secara resmi mencopot Ratu Elizabeth dari kerajaan Inggris sebagai kepala negaranya beralih dari persemakmuran ke negara republik.

"Atas nama bangsa yang bersyukur, sebagai penduduk yang bangga, kami mempersembahkan kepada Anda orang yang ditunjuk sebagai pahlawan nasional Barbados, Duta Besar Robyn Rihanna Fenty," ujar Perdana Menteri Barbados, Mia Mottley.

Semoga Anda terus bersinar seperti berlian dan membawa kehormatan bagi bangsa dengan karya-karya dan tindakan Anda. Menuai pujian ke mana pun Anda pergi, kata Mottley saat mengutip kalimat di lagu Rihanna yang populer, Diamonds.

Untuk menandai babak baru ini, Pangeran Charles turut menghadiri saat Barbados keluar dari Persemakmuran Inggris. Saat berbicara di acara tersebut, Pangeran Charles berharap negara Barbados bisa terlepas dari kegelapan, kekejaman, dan bisa berkembang.

“Penciptaan Republik ini menawarkan awal yang baru. Dari hari-hari tergelap di masa lalu kita dan kekejaman mengerikan perbudakan yang selamanya menodai sejarah kita, orang-orang di pulau ini menempa jalan mereka dengan ketabahan yang luar biasa,” kata Pangeran Charles melalui People.

Rihana lahir dan besar di Barbados sebelum memulai karier bermusik di Amerika Serikat yang menjadi permulaan kesuksesannya. Bahkan, pada 2018, Rihanna diangkat sebagai Duta Besar Barbados. Menurut pernyataan pemerintah saat itu, pengangkatan sebagai duta besar memberi membuat selebritas tersebut bertanggung mempromosikan pendidikan, pariwisata, dan investasi Barbados.

Meski demikian, jasa Rihanna yang dianggap paling besar adalah kebanggaannya dan kecintaannya pada daerah kelahiran serta akar budaya yang dimilikinya. Ia mempertahankan dialek Bajan, logat asli Barbados, dalam Bahasa Inggris yang digunakannya.

Tak hanya itu, dia kerap menggunakan berbagai atribut budayanya dalam banyak penampilan penting. Musik yang dibuatnya baik pop, R&B maupun dance, juga kental dengan pengaruh budaya Karibia. Lewat caranya sendiri, Rihanna dinilai sukses memperkenalkan negara dan budaya ke seluruh dunia.

Nih ya SNNears, bahkan Rihanna juga dinyatakan sebagai miliarder pada bulan Agustus oleh Forbes, berkat merek fesyen dan kecantikan Fenty serta karier musiknya. Forbes mengklaim Rihanna bernilai sekitar 1,7 miliar Dollar AS atau sekitar Rp24,3 triliun dan menjadikannya musisi wanita terkaya di dunia, dan penghibur wanita terkaya kedua setelah Oprah Winfrey. Duh duh duhhh keren banget sih wanita satu ini.

Penulis: Icha
Editor: Nawasanga

Baca Juga