Ekonomi Bisnis

Sandal Serabut Kelapa Asal Banyumas Diekspor ke Jerman

satunusantaranews, Cilacap – Pohon kelapa terbilang pohon yang istimewa. Pasalnya seluruh bagian dari pohon ini dapat dimanfaatkan, baik untuk memenuhi kebutuhan pangan maupun kebutuhan lainnya. Bahkan yang dianggap sebagai hasil limbahnya pun dapat dimanfaatkan, salah satunya sabut kelapa.

 

Sabut kelapa ini dapat dijadikan bahan baku pembuatan sandal yang sangat indah dan berkualitas. Sebanyak 2.500 pasang sandal dengan alas dari sabut kelapa dan enceng gondok asal Banyumas diperiksa oleh Pejabat Karantina Pertanian Cilacap sebelum diterbangkan ke Jerman.

Sandal Serabut Kelapa

 

“Kami memastikan bahwa komoditas ini bebas dari serangga hidup,” ungkap Nurois Pejabat Karantina Pertanian Cilacap (27/4).

 

“Setelah kami mengadakan pertemuan dan berkonsultasi mengenai persyaratan ekspor di Karantina Pertanian Cilacap, kini kami mantap untuk mewujudkan ekspor sandal ini,” ungkap Erni, Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banyumas saat mendampingi pelaku usaha penghasil sandal yang melaporkan komoditasnya di Karantina Pertanian Cilacap.

Karantina Pertanian Cilacap

 

Dalam kesempatan yang sama, Dwi Astuti Yuniasih Kepala Karantina Pertanian Cilacap menyampaikan bahwa pihaknya akan terus mendorong peningkatan ekspor komoditas pertanian.

 

“Banyak potensi yang patut kita banggakan, hari ini bukti bahwa kita mampu untuk meningkatkan nilai dan ragam komoditas ekspor,” ujar Dwi.

Leave a Comment
Share
Published by
Dini SNN