Hiburan

Sebagai Penghias Ruangan, Ini Manfaat Lain Dari Lidah Mertua Bagi Kesehatan

satunusantaranews, Jakarta – SNNers pasti tidak asing dengan tanaman Lidah Mertua yang sering jadi penghias ruangan. Lidah mertua atau sansevieria atau snake plant merupakan tanaman dengan memiliki daun yang keras dan tebal, tegak panjang, serta ujung yang meruncing. Dengan karakter bentuknya seperti itu, tanaman sansevieria atau snake plant tersebut biasa dijuluki lidah mertua. Tentu selain untuk memperindah ruangan, lidah mertua juga memiliki beberapa manfaat lho, SNNears. Berikut adalah manfaat dari tanaman lidah mertua.

Tanaman lidah mertua memiliki kemampuan sebagai anti polutan yang dapat mengurangi polusi yang mengandung zat-zat yang berbahaya untuk tubuh, seperti co2, benzene, formaldehyde, xylene, serta toluene yang dapat menjadi penyebab penyakit kanker. NASA kemudian melakukan penelitian pada tahun 1989 yang menyebutkan beberapa tanaman termasuk lidah mertua terbukti dapat membersihkan udara secara baik.

Tanaman lidah mertua juga dapat berperan sebagai penyaring udara didalam ruangan. Keunikan dari tanaman lidah mertua tersebut mampu mengubah karbon dioksida (CO2) menjadi oksigen saat malam hari. Tanaman lidah mertua tersebut sangat cocok diletakan didalam ruangan. Biasanya, lidah mertua diletakkan di sudut ruangan seperti rumah, kantor, dan lainnya.

 

 

Tanaman sansevieria tersebut mampu melepas oksigen, mengurangi CO2, serta mampu menyerap senyawa organik volatil yang sangat berbahaya. Untuk itu, tanaman sansevieria atau lidah mertua tersebut mampu mengurangi risiko alergi yang disebabkan oleh senyawa-senyawa yang berbahaya untuk tubuh kita.

Untuk merawat tanaman lidah mertua atau sansevieria terbilang cukup mudah. Namun harus memperhatikan bagaimana cara merawat tanaman lidah mertua secara baik dan benar. Tanaman lidah mertua harus terkena sinar matahari secara langsung. Dan jika tidak mendapatkan sinar matahari secara langsung,tanaman tersebut dapat kusam dan lemas.

Selain itu, tanaman lidah mertua tersebut juga tidak dapat diberikan air secara berlebihan karena dapat membuat tanaman tersebut menjadi busuk busuk. Jadi, alangkah lebih baik jika menyiram tanaman lidah mertua jika memang sudah benar-benar kering serta tempatkan lidah mertua pada pot yang kering untuk mencegah overwatering.

Seperti itulah kira-kira manfaat dari tanaman lidah mertua. Selain menjadi tanaman hias, tanaman sansevieria atau snake plant tersebut memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Boleh di coba nih SNNears untuk menanam tanaman tersebut di sudut-sudut ruangan untuk mencegah udara-udara kotor yang dapat membahayakan kesehatan.

Leave a Comment
Share
Published by
Kahfi SNN