Hiburan

SNNers, Kenalan Dengan Kabaddi Strategi Perang Kurawa Yang Jadi Olahraga Gerobak Sodor Khas India

satunusantaranews, Jakarta – Dari sekian banyak cabang olahraga pada gelaran Asian Games, banyak lohh yang belum mengenal Kabaddi. Sekilas, olahraga ini mirip dengan gobak sodor, tetapi dengan peraturan yang jauh berbeda. Nah gimana kalau kita kulik bareng mengenai oahraga mirip gerobak sodor, namun berasal dari negara nehi- nehi.

Menurut laman resmi World Kabaddi Federation, sejarah Kabaddi berkelindan dengan sebuah kisah di manuskrip kuno Mahabaratha. Kisah kala Abimanyu, putra Arjuna dari kubu Pandawa, menyerang Kurawa.

Abimanyu beraksi solo dan mampu melewati tujuh lapir pertahanan Kurawa meski akhirnya tewas dikeroyok Karna, Duryudana, Dusasana, Drona Kritavarma, Shalya, dan juga karater antagonis Sengkuni setelah gaga menemukan jalan keluar dari benteng Kurawa.

Kisah ini tentu saja penyebar dan seiring perubahan peradaban, strategi perang Kurawa itu berubah menjadi permainan tradisional. Muncul pula sebagai variasi bentuk permainan dengan banyak nama di tiap wilayah.

 

 

Olahraga Kabaddi merupakan olahraga yang lahir dari India. Olahraga ini umurnya ternyata sudah lebih dari 4000 tahun lho SNNers…dan faktanya sudah menjadi aktivitas tradisional di peradaban India Kuno, khususnya di kawasan Punjabi, sebelum menyebar ke Andhra Pradesh, Uttar Pradesh, Karnataka, Kerala, Bihar, Haryana, Maharashtra, Telangana, hingga akhirnya Tamil.

Untuk permainannya sendiri cukup sederhana kok. Dua tim yang masing-masing berisi tujuh pemain bergantian menyerang. Durasi permainan dua kali 20 menit. Poin pun didapatkan jikalu sang penyerang mampu menangkap pemain bertahan lawan. Tim yang bertahan juga bisa mencuri poin jika para pemainnya sanggup melumpuhkan penyerang lawan terlebih dahulu dengan beragam cara, termasuk menggunakan kaki.

Pada awal 1920-an, tim-tim olahraga inimulai bermunculan di berbagai wilayan India. Tiga tahun berselang, kompetisi pertama yang digagas Hind Vijay Gymkhana dan diikuti oleh sejumlah tim di Kota Baroda digelar. Kabaddi mulai diikutkan dalam Pekan Olahraga India pada 1938 di Kalkutta.

Seturut kemerdekaan India pada 1950, AIKF (All-India Kabaddi Federation) didirikan. Kabaddi ikut dipopulerkan lewat Asian Amateur Kabaddi Federation pimpinan Sundar Ram di Jepang pada 1979. Setelah dieksebisikan di Asian Games 1982, Kabaddi akhirnya jadi olahraga resmi Asian Games ada 1990.

Sementara, Piala Dunia Kabaddi digelar pertama kali pada tahun 2004, tak lama setelah Internasional Kabaddi Federation didirikan. Di Indonesia sendiri Kabaddi diperkenalkan sejak tahun 2008, tepatnya di Asian Beach Games 2008 Bali. Kabaddi lalu dijadikan pertandingan eksebisi di Pekan Olahraga Provinsi Bali XII, September 2015.

Alhasil, Kabaddi lebih dikenal masyarakat Pulau Dewata ketimbang masyarakat lain di Bumi Pertiwi. Pengurus Besar Federasi Olahraga Kabaddi Indonesia juga bermarkas di Bali, tepatnya di GOR Lilabhuana, Denpasar.

Leave a Comment
Share
Published by
Kahfi SNN