Categories: Nasional

Sosialisasi Kesadaran Bela Negara Kemenhan RI di Konawe

satunusantaranews, Konawe – Di daerah Konawe Propinsi Sulawesi Tenggara, Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemenhan RI), menggelar sosialisasi Kesadaran Bela Negara yang dibuka oleh Direktur Bela Negara Brigjen TNI DR. Jubei Levianto, mewakili Dirjen Pothan Kemhan, serta narasumber Kolonel Arh. Luhkito, sebagai Kasubdit lingkup Pemukiman ( Lingkim) serta yang mewakli BNPT RI, Muh. CHairil Anwar, Kepala Departemen Pertahanan (Kadephan), bidang Pencegahan dan Deradikalisasi.

 

Baca juga: Berita-berita Update dari Kementerian Pertahanan

 

Sementara Pemda Konawe diwakili oleh Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Konawe, Faisal Tarida, SH, dan Kadis Infokom Pemda Konawe, Nasrudin, SH.MH.

 

Baca juga: Kemenhan dan Kemendikbud Siapkan Program Bela Negara Bagi Peserta Didik

 

Sosialisasi ini di selenggarakan selama 2 hari, dari tanggal 19 – 20 September 2020. Di lingkup pemukiman Kabupaten Konawe, Propinsi Sulawesi Tenggara dan diikuti oleh 7 ormas . Adapun ketujuh ormas yang mengikuti sosialisasi Kesadaran Bela Negara diantaranya , Kibar Konawe , PMI, Alumni Bela Negara, Purna Paskibraka Indonesia ( PPI), Karang Taruna Tunas Muda , Forum Bela Negara Republik Indonesia dan Majelis Dzikir Itthadul Ummat Muhammad.

 

 

Dalam kesempatan ini menurut Ketua Tim Sosialisasi Kesadaran Bela Negara Letkol, Caj Drs. I Wayah Eka Sundawan, M.Si. dengan diselenggarakannya kegiatan kesadaran Bela Negara ini bertujuan untuk menanamkan rasa bela negara, menumbuhkan rasa cita tanah air. Sadar berbangsa dan bernegara. Memiliki keyakinan kepada Pancasila sebagai ideologi Negara dan kerelaan berkorban untuk bangsa dan tanah air.

 

Menurutnya, bela negara pengertiannya adalah, sikap, perilaku, tekad, tindakan seluruh warga negara dalam upaya menjaga kedaulatan negara, keutuhan wilayah serta keselamatan segenap bangsa guna menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara , Batasan Bela negara itu sendiri terdapat dalam pasal 27 UUD 1945 , UU No.23 tahun 2019 tentang pengelolaan sumber daya Nasional.

 

Untuk penyelenggaraan sosialisasi Direktorat Bela Negara Kemenhan membagi 3 lingkup, pertama lingkup Pendidikan, Lingkup Pekerjaan dan lingkup Pemukiman. Untuk Kabupaten Konawe sendiri di programkan kegiatan ini pada lingkup masyarakat pemukiman yang meliputi Ormas, organisasi pemuda, tokoh adat, tokoh masyarakat dan tokoh keagamaan, kedepannya ada juga untuk program pendidikan dan pekerjaan, ujar Letkol Caj. I Wayan Eka Sundawan.

 

Dan disamping itu, program kegiatan webinar ini dilaksanakan secara serentak pula seperti di Jambi, Sultra, dan Papua. Sedang di Konawe untuk lingkup pemukiman.

 

Dalam kegiatan sosialisasi kesadaran bela negara ini, juga diserahkan sarana kontak, Laptop dan alat olah raga, bola voley, net voley dan bola kaki , yang diharapkan akan sangat bermanfaat untuk kegiatan ormas tersebut.

Leave a Comment
Share
Published by
disa snn